• 0

China Gelar Penyelidikan Rahasia Suap Militer Saat Liburan

China Gelar Penyelidikan Rahasia Suap Militer Saat Liburan



Militer China

Ilustrasi Militer China (Foto: Atosan/Thinkstock)
Angkatan bersenjata China akan melakukan penyelidikan rahasia atas kasus suap tentara selama masa liburan tahun baru masehi dan tahun baru Cina.
"Kami memastikan, perintah mengenai pemberantasan korupsi dapat tetap dilakukan," ujar kementerian pertahanan China dikutip dari Reuters, Kamis (22/12).
Inspeksi tersebut dilakukan untuk memastikan agar angkatan bersenjata tetap fokus pada perjuangan anti korupsi, khususnya pada beragam isu seperti pemborosan dan penghamburan dana anggaran, penggelapan, serta menolak perintah saat hari libur.
"Kami berupaya mengoreksi penggunaan dana publik secara berlebihan yang digunakan untuk perjamuan makan, plesir, dan menghibur tamu pribadi ataupun mengkonsumsi minuman ilegal," ujar pemerintah setempat.
Sebagai panglima tertinggi dari 2,3 juta pasukan angkatan bersenjata, Presiden Xi Jinping telah menjadikan pemberantasan korupsi dalam militer China sebagai prioritas utama.
Pemerintah setempat mengatakan, masalah korupsi telah mengakar di negara itu. Ketika China semakin dipertimbangkan pengaruhnya oleh banyak negara, korupsi dapat menurunkan kemampuan angkatan bersenjata China.
Kampanye anti korupsi yang dicanangkan oleh Presiden Xi membuat puluhan pejabat Tentara Pembebasan Rakyat ditangkap. Termasuk Xu Caihou dan Guo Boxiong, yang merupakan mantan wakil ketua Komisi Militer Pusat.
Pihak militer mengatakan akan memperketat pengawasan keuangan dengan aturan audit yang telah direvisi dalam minggu ini.
China menetapkan hari libur tahun baru masehi selama dua hari, pada tanggal 1 dan 2 Januari. Libur tahun baru Cina ditetapkan setelahnya selama seminggu mulai 27Januari. Mulai 1 Januari nanti, semua transaksi keuangan angkatan bersenjata akan diperiksa di masa liburan tersebut.

NewsChinaKorupsi

500

Baca Lainnya