• 0

KPK Menetapkan Saipul Jamil Sebagai Tersangka

KPK Menetapkan Saipul Jamil Sebagai Tersangka




Juru Bicara KPK Febri Diansyah

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, memberikan keterangan terkait penetapan Saipul Jamil sebagai Tersangka kasus suap terhadap tersangka Rohadi, Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara. (Foto: Pranamya/kumparan)
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan pedangdut Saipul Jamil sebagai tersangka kasus dugaan penyuapan. KPK menduga, terpidana kasus pencabulan itu menyuap Rohadi, mantan panitera pada Pengadilan Negeri (PN) Jakara Utara.
"Saipul diduga memberikan hadiah kepada tersangka Rohadi, panitera pada PN Jakarta Utara untuk mempengaruhi putusan pidana asusila terhadap seorang anak di bawah umur," ujar Febri dalam konferensi Pers di KPK, Rabu (21/12).
Menurut Febri, Saipul diduga memberi Rohadi uang senilai Rp 250 juta. Uang itu diberikan melalui saudara Saipul, Samsul Hidayatullah, dan Bertha Natalia, pengacara Saipul di kasus pencabulan.
KPK menjerat Saipul dengan Pasal 5 ayat 1 huruf a atau b atau Pasal 13 Undang-Undang (UU) Pemberantasan Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 Kitab UU Hukum Pidana. Ancaman hukuman maksimal bagi pelanggar pasal-pasal ini adalah penjara 5 tahun dan denda hingga Rp 250 juta.
Febri mengatakan, Saipul adalah tersangka kelima dalam kasus itu. Selain Rohadi, Samsul dan Bertha, KPK juga telah menindak Kasman Sangaji, kolega Bertha. Seluruhnya divonis bersalah di pengadilan tingkat pertama.
Kasus pencabulan itu terungkap pada Februari 2016. Saipul diduga mencabuli DS, anak laki-laki di bawah umur. Empat bulan kemudian, majelis hakim yang dipimpin Ifa Sudewi memvonis Saipul hukuman 3 tahun penjara, bukan 7 tahun penjara sebagaimana tuntutan jaksa.

NewsHukumSaipul JamilKPK

500

Baca Lainnya