• 1

Pesan Natal dari Uskup Agung Jakarta

Pesan Natal dari Uskup Agung Jakarta




Uskup Agung Jakarta

Mgr. Dr. Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo, Uskup Agung Jakarta (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Uskup Agung Jakarta, Mgr. Dr Ignatius Suharyo, menyampaikan pesan tentang pentingnya menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan bermasyarakat.
“Perayaan Natal terkandung di dalamnya amanat untuk terlibat dalam masalah aktual saat ini, terlibat dalam hiruk pikuk semata bisa saja membawa kita pada arus yang tak tentu. Kita harus punya pegangan, salah satunya adalah Pancasila,” ujarnya dalam konferensi pers pesan Natal di Gereja Katedral, Jakarta, Minggu (25/12).
Uskup Ignatius juga menyampaikan perenungan pergantian tahun, salah satunya adalah ungkapan rasa syukur atas pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia.
"Meskipun belum sesuai dengan harapan, kita telah menyaksikan adanya peningkatan dan perbaikan pelayanan publik, penegakan hukum, pembangunan infrastruktur, dan peningkatan kualitas pendidikan,” katanya.
Beragam persoalan kehidupan mulai dari masalah korupsi hingga isu SARA pun disampaikannya sebagai bahan koreksi diri bersama.
"Sampai Maret 2016, data dari BPS, angka kemiskinan masih 28,01 juta jiwa. Di bulan Juni hingga November 2015, pengguna narkoba meningkat sebanyak 1,7 juta jiwa," katanya.
Menurutnya, perlu usaha bersama dari berbagai kalangan untuk memperbaiki beragam masalah tersebut.
“Tantangan-tantangan tersebut sebagaimana juga masalah lainnya harus kita hadapi, jangan sampai persoalan-persoalan sosial dan kemanusiaan itu membuat kita merasa takut,” ujarnya.
Ia menambahkan, beragam masalah di negeri ini hendaknya dapat diubah menjadi kesempatan untuk mengambil prakarsa dan peran secara lebih nyata.
"Kita ciptakan hidup bersama yang damai dengan terus melakukan dialog. Kita lawan korupsi dan pungli dengan mengawasi pelaksanaan dan pemanfaatan anggaran pembangunan. Kita atasi kemiskinan dengan semangat berbagi,” ujarnya.
Terkait pelaksanaan pilkada serentak pada Februari 2017, Uskup Agung Ignatius berpesan tentang pentingnya tanggung jawab dan kejujuran untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pesta demokrasi.

Kita tolak politik uang, jangan sampai harga diri dan kedaulatan kita sebagai pemilih kita korbankan hanya demi uang.

- Uskup Agung Ignatius Suharyo



NewsNatal 2016Natal

500

Baca Lainnya