kumparan
26 Okt 2017 19:46 WIB

5 Film yang Buktikan Kalau Kekerasan Seksual Itu Nyata

Ilustrasi korban pemerkosaan (Foto: Wikimedia Commons)
Masih merasa kalau kekerasan seksual itu hanya omong kosong? 5 film ini akan bikin matamu membelalak dan menyadari satu fakta: kekerasan seksual itu ada di mana-mana dan butuh kita perangi!
ADVERTISEMENT
1. Boys Don't Cry (1999)
Diperankan oleh Hilary Swank dengan sangat sempurna hingga mengantarnya meraih Oscar, film ini berhasil menampilkan kekejaman manusia terhadap perempuan hanya gara-gara kebencian, terutama kepada mereka yang "berbeda". Film ini disutradarai oleh Kimberly Pierce dan rilis tahun 1999.
Diangkat dari kisah nyata, Brandon Teena harus merasakan kematian tragis hanya karena ia transgender. Lihatlah betapa kejamnya masyarakat berprasangka bahwa transgender adalah penyakit (ehem, Indonesia, ehem!). Padahal sama seperti kita, mereka manusia utuh yang berhak dicintai.
Video
2. Precious (2006)
Diadaptasi dari novel berjudul "Push" yang rilis 1996, film ini berkisah tentang gadis bernama Precious yang berulang kali disiksa oleh orang tuanya. Ayahnya memperkosanya berulang kali, dan ibunya tak bertindak apa pun mengetahuinya.
ADVERTISEMENT
Namun, hingga akhirnya Precious bertemu dengan seorang aktivis sosial yang membantunya menghindar jauh dari keluarganya yang abusif. Ia pun belajar menulis dan membaca.. ia kini menjadi pribadi bijak yang dapat kembali tersenyum. Film ini mengajarkan kita bahwa korban kekerasan seksual butuh bantuan kita.
Video
3. Trust (2011)
Selama para lelaki masih berpikir bahwa perempuan adalah mangsa empuk untuk dilecehkan, perempuan harus berhati-hati dengan gerilya mereka. Mereka dapat hadir di mana saja, bahkan aksinya semakin luas menyebar di era internet. Film ini menegajarkan kita bahwa predator itu sungguh licik dan tak berperikemanusiaan, dan salah satu solusi untuk memusnahkan populasi predator seksual bukanlah pengebirian kelamin, namun pengebirian mental patriarki di kepalanya.
FIlm pedofilia ini disutradarai oleh David Schwimmer, serta dibintangi oleh Clive Owen dan Catherine Keener. Yuk, jaga saudara dan teman-teman kita dari predator seksual dengan menonton film ini!
ADVERTISEMENT
Video
4. The Hunting Ground (2015)
Film dokumenter ini berfokus pada isu kekerasan seksual di kalangan mahasiswa. Beberapa mahasiswi telah mengalami pelecehan dan kekerasan seksual, namun para pejabat kampus seakan meremehkan kasus mereka. Lebih parah lagi, mereka melindungi "tradisi" kekerasan seksual ini dengan membungkam para korban.
Namun, sadar bahwa para korban pelecehan seksual tak diberi ruang untuk bersuara, mereka akhirnya memberontak demi menuntut haknya sebagai korban, demi meruntuhkan tradisi kekerasan seksual ini secara turun temurun. Film yang baik untuk memberdayakan para perempuan agar lebih berani bersuara melawan para cabul di luar sana!
Video
5. It Happened Here (2014)
Sama seperti The Hunting Ground, film ini pun berjenis dokumenter. berkisah tentang lima mahasiswa yang mengunjungi tempat di mana mereka apernah mengalami kekerasan seksual. Tragisnya, para pelaku pemerkosaan tersebut dapat melenggang bebas, dan mereka tidak mendapat perlakuan yang adil sebagai korban.
ADVERTISEMENT
Film ini menunjukan bahwa victim-blaming adalah hal yang umum di masyarakat, dan diamini oleh lelaki maupun perempuan. Yuk, tonton film ini di Netflix untuk meningkatkan simpatimu terhadap penyintas kekerasan seksual! Atau, bisa juga dapatkan filmnya di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·