Bisnis
·
4 Agustus 2021 15:38
·
waktu baca 2 menit

3 Miliarder yang Dulu Miskin, dari Putus Sekolah, Eks Buronan, Hingga Imigran

Konten ini diproduksi oleh Profil Orang Sukses
3 Miliarder yang Dulu Miskin, dari Putus Sekolah, Eks Buronan, Hingga Imigran (50062)
searchPerbesar
Foto: iStock Photo
Segala sesuatu pasti akan berubah. Tak ada sesuatu yang tetap dan abadi. Salah satunya ialah hidup. Bisa jadi saat ini seseorang sukses, di masa depan justru bangkrut. Sebaliknya, ada pula yang dulu miskin, kini berubah jadi miliarder.
ADVERTISEMENT
Di antara orang-orang yang bernasib demikian, daftar 3 miliarder yang akan tersaji di bawah ini punya kisah pilu di masa lampau, di balik kesuksesannya yang diraih di masa kini.
Barangkali, ke-5 orang tersebut sempat dianggap orang tak berguna yang tak mungkin punya masa depan cerah. Padahal, hidup adalah perjalanan. Buktinya, mereka mampu mengubah nasib hingga 360 derajat.
Beberapa di antaranya pernah mengalami hal-hal tak beruntung seperti putus sekolah, terpaksa harus jadi seorang imigran pencari suaka, bahkan ada pula yang sempat menjadi buronan dan berurusan dengan hukum.
Namun demikian, tekad kuat yang dimiliki ke-5 miliarder tersebut mampu membawa mereka ke posisi yang jauh lebih baik dibanding masa silamnya. Berikut daftar 5 miliarder yang dulunya miskin:
ADVERTISEMENT
1. Jan Koum, Imigran Pencipta Aplikasi Terpopuler Saat Ini
Namanya pasti tak asing ditelinga. Ialah Jan Koum, si pendiri aplikasi pesan paling populer di dunia saat ini, WhatsApp. Forbes mencatat kekayaan Koum per Rabu (4/8) sebesar 10,4 miliar dolar AS atau senilai Rp 148 triliun (kurs: Rp 14.317).
Jangan kira kesuksesan Koum diraih dari ruang kosong. Dahulu, ia adalah seorang imigran Ukraina yang mencari suaka di Amerika Serikat akibat gejolak anti-semitisme. Di AS, Koum hidup serba keterbatasan.
Ia pernah menjajal jadi tukang cuci piring, tukang sapu sebuah toko, hingga pengasuh anak. Namun, pengetahuannya soal teknologi membuat ia mendirikan WhatsApp, aplikasi yang membuatnya jadi miliarder.
2. Francois Pinault
Pinault adalah seorang pengusaha besar yang memiliki Kering Group dan perusahaan investasi, Artemis. Kekayaannya saat ini sentuh 58 miliar dolar AS atau senilai Rp 830 triliun.
ADVERTISEMENT
Padahal, dahulu ia terpaksa harus berhenti sekolah lantaran dirinya kerap menjadi korban perundungan (bully) teman-temannya akibat dirinya miskin. Kini, perundungan tersebut bisa jadi dibalas balik.
3. George Soros
Soros merupakan seorang imigran London lantaran jadi buronan dari kejaran Nazi yang memburu para keturunan Yahudi. Sesampainya di London, Soros memang selamat dari Nazi, tetapi dirinya belum selamat dari rasa lapar.
Akhirnya ia bertahan hidup dengan menjadi pelayan, tukang angkut (kuli panggul), hingga memiliki toko suvenir. Kini kekayaannya sentuh 8,6 miliar dolar AS atau senilai Rp 124 triliun.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white