Bisnis
·
6 Desember 2020 12:30

Michelle Phan, Eks Pelayan Restoran dan Imigran yang Kini Berharta Rp700 M

Konten ini diproduksi oleh Profil Orang Sukses
Michelle Phan, Eks Pelayan Restoran dan Imigran yang Kini Berharta Rp700 M (279731)
Michelle Phan. Foto: Instagram @michellephan
Michelle Phan merupakan beauty vlogger yang juga pebisnis di bidang kecantikan. Walaupun namanya masih asing di telinga masyarakat Indonesia, ia adalah pelopor beauty vlogger yang berpengaruh hingga saat ini.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Celebrity Net Worth dan berbagai sumber, kekayaan bersih yang ia miliki adalah USD 50 juta atau sekitar Rp 700 miliar.
Memiliki harta dengan nominal tersebut bukanlah hal yang mudah untuk wanita kelahiran 1987 ini. Pasalnya, ia terlahir bukan dari keluarga yang berada, melainkan harus berjuang dari bawah.
Phan dilahirkan di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat. Ia adalah anak dari keluarga imigran Vietnam yang tinggal di Amerika.
Sejak kecil, ia memiliki kenangan buruk karena ayahnya adalah pecandu judi dan sering menghamburkan uang sehingga keluarganya harus berpindah-pindah tempat tinggal disebabkan terhimpit keuangan sebelum akhirnya mereka bisa menetap di Tampa, Florida.
Ayah Phan tidak berubah, ia masih suka berjudi. Ketika usia Phan menginjak 6 tahun, sang Ayah pergi meninggalkan keluarganya.
ADVERTISEMENT
Tak lama kemudian, ibu Phan menikah lagi. Pernikahan itu tak kunjung lama karena Ayah tiri Phan melakukan pelecahan dalam keluarganya. Sang ibu yang single parent harus bekerja demi memenuhi kebutuhan anak-anaknya, ia menjadi seorang theraphist kuku di salon.
Karena sang ibu bekerja di salon, Phan sering kali ikut ibunya bekerja. Ketika menemani ibunya bekerja di salon, Phan terbiasa melihat majalah kecantikan, riasan wajah, dan sebagainya yang berhubungan dengan dunia kecantikan.
Selain dipengaruhi oleh dunia kcantikan, Phan juga memiliki hobi menggambar hingga kegemarannya ini membawa dirinya melanjutkan pendidikan tinggi di Ringling College of Art and Design pada 2006.
Memasuki semester pertama kuliah, seluruh mahasiswanya difasilitasi laptop untuk mendukung kegiatan belajar. Phan yang pintar mengambil kesempatan, ia mulai mencoba-coba membuat video tutorial make up melalui webcam laptopnya, lalu diunggah ke Xanga. Siapa yang menyangka dengan kualitas video ala kadarnya, ia berhasil mendapatkan 40.000 views hanya dalam waktu seminggu. Setelah berhasil menggaet views yang cukup banyak di video pertamanya, Phan mulai menggunggah video-videonya ke YouTube.
ADVERTISEMENT
Pada 2007 saat dirinya memasuki semester kedua, kuliahnya tersendat karena masalah biaya. Ia memutuskan bekerja menjadi pelayan restoran sambil tetap membuat video di YouTube.
Berkat kegigihan dan kerja keras Phan mengunggah video-video ke YouTube, dalam sehari ia berhasil mendapatkan penghasilan USD25 (Rp360.000) dari YouTube. Dirasa sudah cukup penghasilannya sebagai YouTuber, Phan berhenti bekerja sebagai pelayan restoran.
Dari tahun ke tahun, subscribers-nya terus bertambah hingga menyentuh angka 8.86 subscribers. Dengan angka sebesar ini, Phan mencoba kesempatan baru untuk membuka bisnis.
Pada 2011, ia mendirikan Ipsy, sebuah bisnis di bidang kecantikan dengan konsep subscription box. Dengan membayar USD 10 (Rp 144.000) per bulan, para pelanggannya akan mendapatkan sebuah paket yang berisi sampel make up yang beragam. Karena harga yang ditawarkan terbilang murah, Ipsy berhasil mendapatkan omzet USD 500 juta atau sekitar Rp 7.2 triliun.
ADVERTISEMENT
Tak berpuas hati, Phan melebarkan sayap bisnisnya dengan berkolaborsi dengan L’Oreal. Pada 2013, ia meluncurkan brand bernama EM Cosmetics. Namun, bisnisnya ini tidak sesukses Ipsy karena produk yang ditawarkan begitu mahal. Hanya satu produk bisa merogoh kocek hingga USD 50 atau sekitar Rp 720.000.
Melihat brand-nya tidak begitu laku, Phan tidak tinggal diam. Pada Desember 2016, ia berhasil membeli EM Cosmetics dari L’Oreal dan melakukan perubahan dari brand-nya. Pada 2017, Phan melakukan relauncing dan juga menggunakan sistem limited edition di tiap produk yang ia jual.
Dengan kerja keras, kesabaran, dan terus berinovasi membawa Michelle Phan pada kesuksesan. Walupun ia harus jatuh bangun berkali-kali, kini ia berhasil memperoleh kekayaan bersih senilai USD 50 juta atau sekitar Rp 700 miliar (dikutip dari Celebrity Net Worth) dari hasil kerja kerasnya selama ini.
ADVERTISEMENT

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white