Bisnis
·
16 Oktober 2020 11:50

Orang Terkaya Dunia Berharta Rp 318 T Ini Ternyata Pernah 2 Kali Putus Sekolah

Konten ini diproduksi oleh Profil Orang Sukses
Orang Terkaya Dunia Berharta Rp 318 T Ini Ternyata Pernah 2 Kali Putus Sekolah (97373)
Shiv Nadar (Foto: The Economic Times)
Tahun 1940an adalah tahun di mana nasionalisme setiap negara jajahan sedang tumbuh-tumbuhnya. Tak terkecuali dengan India, wilayah yang selama bertahun-tahun dijajah Inggris.
ADVERTISEMENT
Kemiskinan, kelaparan, atau kekurangan sumber daya, merupakan pemandangan yang biasa di zaman perang. Apalagi, kala Mahatma Gandhi membebaskan India dari penjajah pada 1947, India benar-benar dilanda bencana kemiskinan yang masif.
Di tengah situasi India yang serba sulit itu, lahirlah seorang anak yang kelak akan "menguasai" dunia. Ialah Shiv Nadar, seorang bocah miskin yang kini bersulih menjadi bos dari salah satu perusahaan IT terbesar di India bahkan dunia, yakni HCL Technologies.
Kendati Shiv Nadar kini merupakan satu dari ratusan daftar orang terkaya di Asia, tetapi masa lalu pria kelahiran 14 Juli 1945 hampir tak pernah terlepas dari kesengsaraan. Lahir sebagai warga negara yang dilanda perang, tentu bukanlah hal mudah.
Kala Shiv Nadar menginjak usia dua tahun, gejolak revolusi di India sedang gencar. Tentu saja keluarganya menjadi imbas. Situasi India saat itu sangat serba terbatas. Keamanan begitu lemah, listrikpun sulit didapat.
ADVERTISEMENT
Shiv Nadar lahir dan tumbuh di salah satu kawasan kumuh di India, Tamil Nandu. Taraf ekonomi keluarganya jauh dari kata cukup. Karena kekurangan uang, pendidikan Shiv Nadar akhirnya menjadi korban.
Shiv Nadar harus menunda waktu sekolahnya setelah lulus SD selama dua tahun hingga ia bisa melanjutkan ke jenjang SLTP. Jalan hidup yang sulit ternyata mampu menjadi pendorong Shiv Nadar untuk lebih maju.
Praktik "putus-nyambung" dengan sekolah terus dilakukan Nadar hingga akhirnya ia dapat menempuh pendidikan tinggi di PSG College of Technology, Coimbatore.
Lulus sebagai sarjana teknik, Nadar kemudian mencoba peruntungannya dengan menjual kalkulator digital buatannya sendiri. Bisnis kalkulator ini ternyata digemari warga India. Akhirnya, Nadar sedikit demi sedikit melebarkan sayap bisnis teknologinya.
ADVERTISEMENT
Semakin hari, bisnis IT nya semakin membesar. Akhirnya, pada 1976 silam, berdirilah sebuah perusahaan teknologi raksasa bernama HCL Technologies dari tangan dingin Shiv Nadar. Bersama kawan-kawan lamanya, Nadar meneruskan perjalanan bisnisnya hingga ke titik paling tinggi.
Saat ini, dalam daftar Real Time Forbes List (diakses 16 Oktober 2020, pukul 05.00 WIB) tercatat kekayaan bersih Nadar sebesar 21,6 miliar dolar AS atau senilai Rp 318 triliun (kurs: Rp 14.745). Memang benar, keyakinan dan kerja keras merupakan kombinasi yang tepat jika seseorang ingin sukses, seperti Shiv Nadar.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white