Bisnis
·
6 Mei 2021 11:35

Perjalanan Pria Putus Sekolah Jadi Orang Terkaya, Hartanya Capai Rp 200 Triliun

Konten ini diproduksi oleh Profil Orang Sukses
Perjalanan Pria Putus Sekolah Jadi Orang Terkaya, Hartanya Capai Rp 200 Triliun (406967)
searchPerbesar
Radhakishan Damani/Instagram/@businesssutra_digital
Berbagai para miliarder dunia memperoleh seluruh kekayaan dari berbagai bisnis dan investasi yang dijalankan. Begitu pula dengan salah satu orang terkaya di India satu ini. Ia adalah Radhakishan Damani yang memperoleh hampir seluruh kekayaannya dari investasi saham yang ia mainkan.
ADVERTISEMENT
Selain kekayaannya yang melimpah diperoleh dari investasi saham, ia juga merupakan pengusaha ritel dan dikatakan salah satu raja ritel terbesar di India. Radhakishan memperoleh seluruh kekayaannya dari usahanya sendiri dan bukan merupakan kekayaan warisan.
Tentu saja hal tersebut memiliki perjuangannya sendiri. Pria kelahiran 1 Januari 1954 tersebut lahir dari keluarga sederhana, dan lahir dari keluarga Marwari India. Ia tinggal di salah satu apartemen di Mumbai yang hanya memiliki satu kamar dan sempat mengalami krisis keuangan setelah kematian ayahnya.
Sempat berkuliah di Universitas Mumbai untuk mengejar BCom, ia kemudian drop out dan memutuskan untuk belajar berdagang dan tertarik pada karir pengusaha. Ia pun memulai bisnisnya dengan menjual bantalan bola.
Sebelum mengenal saham, ia sebenarnya kurang berminat dengan pasar saham. Justru ayahnya lah yang bergelut dengan dunia tersebut. Hingga suatu hari ayahnya meninggal dunia dan secara tidak langsung mengantarkannya pada dunia saham.
ADVERTISEMENT
Walaupun dirasa sangat asing dan ia kurang mengerti pengetahuan dalam hal tersebut, Radhakishan mulai belajar dan bergabung dengan saudaranya yang telah menjadi salah satu pemain saham tersebut. Langkah pertama yang ia lakukan adalah mengamati dan mempelajari fungsi pasar saham.
Pada usianya yang ke 32, ia mulai memberanikan diri untuk melakuakan investasi pertamanya. Ia pun mulai giat berinvestasi sejak akhur 1980- an sampai awal 1990-an. Awal mulainya ia memang gagal dan kehilangan banyak modal.
Tapi dirinya pantang menyerah dan terus belajar hingga akhirnya mulai sukses menjadi salah satu investor yang handal dan terkemuka di India. Dirinya banyak berinvestasi di saham multinasional dan akhirnya menjadi salah satu investor pasar saham terkemuka di negaranya. Ia juga memenangkan pialang saham yang terkenal Harshad Mehta.
ADVERTISEMENT
Dirinya sekarang memegang saham di perusahaan seperti perusahaan tembakau ‘VST Industries’ pembuat bir ‘United Breweries’, produsen semen ‘India Cements’ dan penyedia layanan logistik ‘Blue Dart Express Ltd’. Setelah pensiun dari bisnis pasar saham, ia mendirikan sebuah perusahaan retail
Perjalanan Pria Putus Sekolah Jadi Orang Terkaya, Hartanya Capai Rp 200 Triliun (406968)
searchPerbesar
Portfolio Radhakishan Damani/Instagram/tornado.bulls
Ia mendirikan supermarket di India pada tahun 2002 dengan naman DMart. Karena pengalamannya dahulu memang berdagang, membuat perusahaan retailnya berkembang dengan pesat. Tak hanya itu, ia juga mengakuisisi Apna Bazaar.
Awalnya ia mendirikan hanya satu toko di pinggiran kota Mumbai. Hingga kemudian terus berkembang maju dengan mendirikan supermarketnya ke seluruh penjuru India. Keberhasilan DMart dipercaya karena tiga pilarnya yaitu konsumennya, penjualnya, dan karyawannya.
Perusahaan ritel DMart berkembang pesat hingga kini memiliki hingga 221 gerai di seluruh India. Pundi-pundi kekayaannya juga ditambah dengan portofolio propertinya yang mencakup Radisson Blue Resort dengan 156 kamar, lengkap dengan tempat liburan tepi pantai yang populer dekat dengan Mumbai.
ADVERTISEMENT
Berkat berbagai gurita usahanya membuat dirinya memiliki kekayaan hingga USD 14,4 miliar setara dengan Rp206,2 triliun dan menempatkannya pada jajaran orang terkaya di India urutan ke 12 dan ke 117 orang terkaya di dunia.
Meskipun menjadi salah satu orang terkaya di India, ia dikenal menjalani kehidupannya yang sederhana dan jarang sekali berinteraksi dengan media. Dirinya juga menghindari pertemuan publik. Ia juga dikenal sebagai mentor bagi investor miliarder Rakesh Jhunjhunwala.