Putus Sekolah, Jacob Arabo Berhasil Buat Bisnis Perhiasan Andalan Selebriti

Konten dari Pengguna
5 Oktober 2021 12:39
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Profil Orang Sukses tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Putus Sekolah, Jacob Arabo Berhasil Buat Bisnis Perhiasan Andalan Selebriti (4992)
searchPerbesar
Jacob Arabo bersama Kanye West dan Kim Kardashian (Foto: Instagram @jacobarabo)
Amerika Serikat punya banyak cerita tentang imigran yang membangun bisnis kecil yang berhasil sukses. Faktanya, para imigran sering berhasil karena mereka menghargai peluang yang ada di negara tersebut.
ADVERTISEMENT
Salah satu kisah sukses imigran misalnya Yakov Arabov, atau sering dikenal juga dengan Jacob Arabo. Ia juga mendapat gelar "Jacob the Jeweler" dari pelanggan selebritinya.
Arabo tiba di Amerika dari Uzbekistan bersama keluarganya pada usia 14 tahun. Mereka menetap di daerah New York City. Arabo sempat bersekolah selama 2 tahun tetapi ia memutuskan keluar di usianya yang ke 16 tahun.
Kemudian ia melanjutkan sekolah perdagangan perhiasan selama enam bulan di Brooklyn. Ia beradaptasi dengan baik disana dan dalam beberapa bulan, instrukturnya menemukan bakat dan mendorongnya untuk mencari nafkah di bidang desain dan fabrikasi perhiasan.
Menyadari bakat tersebut, Jacob Arabo meninggalkan sekolah tersebut dua bulan lebih awal untuk bekerja disebuah pabrik perhiasan di umurnya yang ke 18. Untuk mendapatkan pekerjaan tersebut ia berbohong soal usianya.
ADVERTISEMENT
Di pabrik, ia mendapat upah sebesar USD 125 atau Rp 1,7 juta per minggu. Ia juga sempat membuat desain perhiasan dan menjualnya di pasar dengan bekerja sama dengan sales. Arabo tidak bisa menunggu waktu untuk cukup dewasa, ia langsung memanfaatkan peluang dan membangun perusahaan sendiri di usia 21 tahun.
"Saya selalu tahu bahwa saya memiliki sesuatu di dalam saya, bahwa saya bisa melakukan ini," katanya.
Arabo memulai bisnisnya dengan dikelilingi oleh pengrajin yang jauh lebih berpengalaman dan berprestasi. Dengan menjual desain perhiasan sendiri, ia berhasil mendapatkan upah sepuluh kali lipat dari upahnya di pabrik.
Merek perhiasan dan jam tangan produksinya diberi nama Diamond Quasar, perusahaan tersebut yang mengantar Arabo pada kesuksesan dan mengganti nama merek Jacob & Co.
ADVERTISEMENT
Karena desainnya sangat unik, ia juga melayani klien pribadi, Jacob Arabo dapat berhasil membangun pengikut di kalangan selebriti Hollywood dan olahragawan. Tak lama kemudian pengikutnya mulai menyebutnya sebagai “Jacob the Jeweler”, bahkan sebutan itu masuk ke dalam lirik lagu Kanye West berjudul 50 Cent.
Salah satu alasan klien ternama mencarinya adalah pengabdiannya pada permata dan logam berkualitas tinggi. Jam tangan dan perhiasannya termasuk berlian yang sangat langka, serta platinum. Beberapa jam tangannya berisi lebih dari 200 berlian sebagai bagian dari presentasi mereka.
Perhiasan dan jam tangan hasilnya biasa digunakan oleh kalangan elit seperti Cristiano Ronaldo, Michael Jackson, Madonna, Jay Z, Beyonce, bahkan keluarga kerajaan.
Kini Arabo sudah tergabung dalam jajaran desainer perhiasan kenamaan dunia. Bahkan ia seringkali diundang untuk hadir ke pesta dan mendesain perhiasan untuk majalah.
ADVERTISEMENT
Di tahun 2001, ia membuat jam tangan bernama "Angel" yang merupakan nama istrinya Angela. Jam buatannya juga pernah digunakan untuk media fashion dan dipakai Naomi Campbell yang dikenal dengan sebutan "Five Time Zone Watch" (jam zona lima waktu).
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020