Pencarian populer

Mengenal Lebih Jauh D4. Apa Bedanya Sarjana dengan Sarjana Terapan?

Sumber: Quipper Blog
Mungkin sebagian dari kamu belum memahami perbedaan antara jenjang sarjana dengan sarjana terapan. Keduanya secara penyebutan memiliki kemiripan.
ADVERTISEMENT
Namun, tahukah kamu kalau dua jenjang pendidikan itu berbeda? Ya, kedua jenjang itu berbeda ya! Untuk kamu yang belum tahu apa itu sarjana terapan, yuk, simak artikel ini!
Apa bedanya S1 dan D4?
Sumber: Quipper Blog
Sarjana terapan merupakan jenjang pendidikan diploma yang setara dengan jenjang sarjana (S1). Nama lain dari jenjang ini ialah diploma empat (D4). Dikatakan setara lantaran memiliki jenjang tersebut memiliki bobot keilmuan setara dengan jenjang S1. Perbedaannya hanya pada perbandingan bobot keilmuannya.
Bila pada jenjang sarjana, bobot teori keilmuan hanya 30 persen sedangkan bobot praktiknya mencapai 70 persen. Sebagai lulusan D4, kamu pun mendapat gelar sarjana terapan.
Selain itu, perbedaan lainnya antar D4 dengan jenjang sarjana ialah tempat kuliahnya. Bila jenjang sarjana rata-rata berkuliah di bawah payung fakultas di perguruan tinggi, maka jenjang D4 berada di bawah payung sekolah vokasi. Penempatan D4 di bawah payung sekolah vokasi lantaran jenjang tersebut masih serumpun dengan jenjang diploma lainnya.
ADVERTISEMENT
Apakah Lulusan D4 Bisa langsung Ambil S2? Atau Perlu Ambil S1 Lebih Dahulu?
Sumber: Quipper Blog
Pertanyaan itu sering diutarakan bagi yang belum paham dengan konsep D4. Lantaran bobot perkuliahannya yang sama, yakni harus mencapai 144 sks secara total, maka bagi kamu yang mengambil jenjang D4 tidak perlu lagi mengambil jenjang sarjana bila ingin lanjut ke tingkat magister (S2).
Hanya saja, kamu perlu melakukan melakukan upgrading pengetahuan teorimu kelak. Sebab, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, jenjang D4 mengedepankan sisi praktik ketimbang teori sedangkan di jenjang S2 kamu akan mendapatkan banyak teori-teori pengetahuan.
Untuk itu, bila kamu sudah kadung masuk jalur D4, maka kamu harus terus upgrading diri tentang beragam teori-teori bidang ilmu kamu. Biar ketika masuk jenjang S2, kamu tidak tergopoh-gopoh mengejar ketertinggalan pemahaman teori.
ADVERTISEMENT
Jurusan Apa Saja yang Memiliki Jenjang D4?
Sumber: Quipper Blog
Perihal jurusan, ada banyak sekali jurusan yang menyediakan perkuliahan pada jenjang D4. Rata-rata jurusan itu terkait dengan kebutuhan praktik lapangan dan sangat dibutuhkan di dunia pekerjaan.
Jurusan-jurusan yang menyediakan jenjang D4 di antaranya seperti akuntansi, teknik sipil, teknik desain komunikasi visual, teknik informatika dan komputer, hingga administrasi. Berbagai jurusan itu sudah lumrah diketahui menyediakan program jenjang D4 atau sarjana terapan.
Lebih Baik D4 atau S1?
Sumber: Quipper Blog
Baik D4 ataupun S1 sama baiknya bergantung kebutuhan kamu. Bila kamu ingin fokus dalam mencari pekerjaan di bidang keahlian dan praktik, maka disarankan untuk memilih jenjang D4. Sebab, kamu akan memiliki kemampuan praktik yang dibutuhkan di dunia kerja sekaligus pengetahuan lebih lengkap ketimbang jenjang diploma di bawah D4.
ADVERTISEMENT
Apalagi, di era modern seperti saat ini, banyak perusahaan yang membutuhkan individu dengan keahlian praktiknya. Jadi, tak salah memang bila jenjang D4 atau sarjana terapan ini tengah naik daun.
Bila kamu ingin menjadi seorang ahli dalam suatu bidang keilmuan, disarankan kamu memilih jenjang S1. Sebab, di jenjang itulah kamu akan dibentuk sebagai seorang akademisi dengan berbagai kemampuan mengolah dan mengaplikasikan teori bidang ilmu pengetahuan.
Jadi, menurut penulis, dua-duanya sama baiknya. Tinggal kamu merenungkan mana yang lebih cocok dipilih untuk mewujudkan impianmu di masa akan datang nanti.
Susah Tidak Mencari Perguruan Tinggi yang Menyediakan Program Jenjang D4?
Sumber: Quipper Blog
Mencari perguruan tinggi yang menyediakan program jenjang D4 tidak sulit, kok. Setiap perguruan tinggi yang menyelenggarakan sekolah vokasi lumrahnya menyediakan program jenjang D4.
ADVERTISEMENT
Sebut saja Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjadjaran (Unpad), hingga Universitas Airlangga (Unair). Kamu harus lebih rajin mencari informasinya bila ingin menemukan perguruan tinggi yang sesuai dengan harapanmu. So, rajin-rajinlah cari informasi sebanyak mungkin.
Penulis: Muhammad Khairil
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85