Opini & Cerita
·
22 Juli 2018 15:46

22 Istilah dalam Dunia Fashion

Konten ini diproduksi oleh Rachel Caroline Toruan
22 Istilah dalam Dunia Fashion (42728)
com-Fashion (Foto: Thinkstock)
Dalam dunia fashion, mungkin kita sering membaca atau mendengar istilah asing yang tidak kita pahami dan sulit diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia. Nah, bagi kalian yang pernah mendengar istilah-istilah fashion disini, mungkin ada sedikit pengejaan dan arti yang kurang dipahami.
ADVERTISEMENT
Agar semakin memahami istilah dibidang mode ini, Yuk simak beberapa istilah fashion populer dalam bahasa asing berikut ini.
1. Chic
22 Istilah dalam Dunia Fashion (42729)
Foto: Teen Vogue
Chic berasal dari kata Prancis yang berarti keterampilan dan keanggunan. Dengan arti lain, Chic Fashion ini menjadikan seseorang stylish tanpa menjadi budak dari fashion, yang menggambarkan seseorang yang modis, tetapi tidak terikat atau tidak harus mengikuti tren yang diikuti kebanyakan orang yang ada pada zaman itu. Seseorang yang mengikuti fashion chic ini juga memiliki selera yang tidak terikat, tetapi selalu mengembangkan gayanya menjadi modern tetapi unik.
2. Haute Couture
22 Istilah dalam Dunia Fashion (42730)
Foto: https://glitzmedia.com
Adibusana. Ya, kata itulah yang ditetapkan dalam Bahasa Indonesia untuk menggambarkan fashion yang satu ini. Gaya ini memiliki teknik pembuatan pakaian level tinggi yang dibuat khusus bagi yang memesan. Memakai bahan kualitas terbaik, dengan hiasan mendetail dan tentu saja membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya. Begitu spesial.
ADVERTISEMENT
3. Casual
22 Istilah dalam Dunia Fashion (42731)
Foto: lifestylebean.com
Gaya casual merupakan gaya berpakaian yang digunakan pada waktu santai, selalu beridentik dengan kaos, celana jeans, flat shoes, dan sepatu sneakers.
4. Edgy
22 Istilah dalam Dunia Fashion (42732)
Foto: rebelsmarket.com
Secara harfiah, istilah 'edgy style' adalah "tajam". Tajam yang dimaksud ialah gaya ini memiliki mode atau menerapkan penampilan yang berkarakter 'garang' yang menunjukkan ciri khasnya yaitu lebih banyak memadukan banyak warna hitam (mulai dari kaos, jaket, sweater) dengan aksesoris lainnya.
5. Classy
22 Istilah dalam Dunia Fashion (42733)
Gaya ini artinya berkelas, yang selalu identik dengan barang-barang yang mewah, yang biasa dipakai oleh orang-orang kelas atas.
6. Capsule Wardrobe
22 Istilah dalam Dunia Fashion (42734)
Foto: pinterest.com
Istilah ini pertama kali dicetuskan oleh seorang pemilik butik di London, Inggris yang bernama Susie Faux pada tahun 70-an. Lalu, pada 1985, fashion designer asal Amerika, Donna Karan, memopulerkan capsule wardrobe dengan mengeluarkan capsule collection untuk baju kerja yang diberi nama Seven Easy Pieces Collection.
ADVERTISEMENT
Untuk istilah ini, kalian enggak perlu mengeluarkan budget yang terlalu banyak karena tujuan capsule wardrobe itu menciptakan banyak look dengan hanya beberapa baju. Dengan arti lain, capsule wardrobe ini menjadikan kamu lebih stylish dengan memadu-padankan pakaian.
7. Fashion Faux Pas
22 Istilah dalam Dunia Fashion (42735)
Foto: pinterest.com
Istilah ini dipopulerkan oleh Louis XIV. Dalam Bahasa Prancis, kata Faux Pas sendiri artinya 'melenceng' yang berarti seseorang yang mengikuti fashion ini akan memiliki penampilan yang tidak sesuai dengan dress code atu tren mode yang ada saat ini. Berani coba?
8. Pret-a-Porter
22 Istilah dalam Dunia Fashion (42736)
Foto: pinterest.com
Istilah 'siap pakai' dalam bahasa indonesia digunakan untuk mengartikan istilah asing ini. Ya, istilah Pret-a-Porter dalam bahasa Prancis ini juga biasa dikenal dengan sebutan Ready to Wear (RTW). Istilah ini digunakan untuk menjelaskan koleksi suatu label yang diproduksi secara massal yang dibuat berdasarkan ukuran standar internasional (S, M, L, XL, dll).
ADVERTISEMENT
9. Monochrome
22 Istilah dalam Dunia Fashion (42737)
Foto: https://lanoriaourlet.es
Mode fashion yang satu ini mungkin terbilang simple. Seperti yang dikenal biasanya, monokrom ini hanya identik dengan dua warna, yaitu hitam dan putih. Namun, seiring perkembangan mode ini menambah satu warna lagi yaitu percampuran antara hitam dan putih. Ya, abu-abu.
10. Fashion Du Jour
Secara literal, du jour adalah of the day dalam Bahasa Inggris. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan tentang gaya berpakaian yang sedang tren pada zaman itu.
11. Fashion Editrix
Editrix diambil dari perpaduan kata dalam bahasa inggri yakni Editor dan Dominatrix. Biasanya panggilan ini ditujukan untuk editor majalah fashion yang sudah berada di posisi pimpinan senior, di mana mereka yang sudah membawa pengaruh besar buat industri mode dunialah yang dijuluki dengan istilah fashion editrix.
ADVERTISEMENT
Fashion editrix sendiri juga selalu memiliki hot topic yang bisa selalu dibahas dan akan menjadi perhatian khusus bagi para designer. Contoh dari fashion editrix ini adalah Anna Wintour, sebagai Editor-in-Chief majalah Vogue USA sejak tahun 1988.
12. Vintage
22 Istilah dalam Dunia Fashion (42738)
Foto: pinterest.com
Istilah vintage sebenarnya ditujukan untuk barang ataupun pakaian, aksesori, dan sepatu yang berumur minimal 20 tahun. Tetapi, seiring berjalannya waktu terjadi pergeseran makna yang membuat arti dari fashion ini adalah gaya berpakaian ala tahun 70-an dan 80-an
13. Retro
22 Istilah dalam Dunia Fashion (42739)
Foto: retrofashionworld.com
Istilah retro sendiri berasal dari kata retrospective yang menuju kepada barang yang dibuat masa kini tetapi mengambil model atau terinspirasi dari gaya busana di era sebelumnya. Retro juga bisa diartikan sebagai fashion yang sudah tidak ngetren lagi tetapi umurnya masih di bawah 20 tahunan
ADVERTISEMENT
14. Oversized
22 Istilah dalam Dunia Fashion (42740)
Foto: pinterest.com
Oversized artinya adalah kebesaran atau pakaiannya melebihi dari ukuran tubuh pemakai.
15. Fashionista
Istilah ini kerap digunakan untuk sebutan semua orang yang berkecimpung di dunia fashion. Baik dari designer, model, fotografer, penulis fashion atau siapapun yang bergelut dalam bidang industri fashion.
16. Avant-garde
22 Istilah dalam Dunia Fashion (42741)
Foto: moroccanladies.com
Dalam bahasa Inggris, avant garde merupakan bentuk kata sifat yang merujuk kepada orang atau karya yang bersifat kreatif, unik, dan eksperimental, atau inovatif dalam desain serta teknik pengerjaannya, terutama sebagai bentuk penghormatan terhadap kultur atau kebudayaan, seni, dan politik. Busana ini menembus batas konvensional yang menciptakan bentuknya sendiri sehingga terlalu dipandang eksentrik oleh orang awam.
Contohnya saja, bagi kalian penggemar film pasti sudah tidak asing lagi dengan gaya berpakaian penduduk Capitol di film Hunger Games. Nah, gaya berpakaian seperti mereka itu bisa dikatakan sebagai fashion avant-garde, guys.
ADVERTISEMENT
Mungkin jika kamu belum mengenal film Hunger Games, bisa diambil contoh dari salah satu selebriti yang terkenal dengan gaya berpakaian yang eksentrik seperti Lady Gaga dengan salah satu kostumnya yang pernah menjadi sorotan di bebagai media yaitu kostumnya yang terbuat dari daging.
17. Layering
22 Istilah dalam Dunia Fashion (42742)
Foto: pinterest.com
Secara harfiah, istilah Layering artinya adalah lapisan. Namun, jika dalam dunia mode, layering berarti "menumpuk". Maksudnya menumpuk adalah memadukan beberapa item sekaligus untuk menciptakan gaya yang lebih stylish.
18. Street Wear
22 Istilah dalam Dunia Fashion (42743)
Foto: theidleman.com
Street wear adalah gaya khas fashion jalanan. Street wear memiliki gaya secara konstan dengan jenis pakaian yang umumnya berpusat pada pakaian casual, celana seperti jeans, t-shirt, topi bisbol, dan sepatu kets.
ADVERTISEMENT
19. Sophisticated
22 Istilah dalam Dunia Fashion (42744)
Foto: pretastyler.com
Istilah ini memiliki makna untuk menggambarkan seseorang yang memiliki selera tinggi dan berkelas. Fashion ini berusaha menunjukkan status, hak istimewa, dan keunggulannya. Seseorang yang memiliki gaya ini selalu memakai balutan yang sempurna, tidak berlebihan namun selalu menarik perhatian untuk estetikanya.
20. Outwear
22 Istilah dalam Dunia Fashion (42745)
Foto: makingchic.com
Outwear memiliki arti yaitu busana bagian luar yang biasa dipakai sebagai pelengkap dalam penampilan. Istilah ini biasanya dipakai untuk menyebutkan pakaian luaran seperti jaket, kardigan, blazer, mantel, dan lainnya
21. Outfit
22 Istilah dalam Dunia Fashion (42746)
Foto: pinterest.com
Istilah outfit mengartikan keseluruhan fashion yang sedang dikenakan saat itu. Siapa yang tidak tahu OOTD? Ya, Outfit of The Day ini biasa dipakai untuk menjelaskan item fashion yang dikenakan pada hari itu juga.
ADVERTISEMENT
22. Androgynous Style
22 Istilah dalam Dunia Fashion (42747)
Foto: Https://www.collegefashion.net
Salah satu alasan kenapa kaum hawa bisa lebih bebas berekspresi dalam hal fashion adalah karena perempuan bisa lebih fleksibel menggunakan gaya buasana pria. Nah, gaya yang terinspirasi dari cara pria berpakaian ini disebut dengan istilah androgynous style. Beberapa contoh androgynous style, antara lain blazer, oxford shoes, dan celana lurus.
Itu dia beberapa istilah fashion populer untuk kamu yang kurang paham apa saja istilah serta arti dari jenis-jenis istilah fashion itu. Kini kalian sudah tahu,kan beberapa istilah fashion yang populer? Atau mungkin ada istilah lain yang terlewatkan? Bisa ditambahkan di komentar, ya guys. Semoga bermanfaat.