• 4

Superqurban dari Rumah Zakat untuk Desa Terpencil di Jombang

Superqurban dari Rumah Zakat untuk Desa Terpencil di Jombang


Kegiatan Rona Nusantara Jombang

Kegiatan Rona Nusantara Jombang (Foto: Ferio Pristiawan/kumparan)
Rumah Zakat melalui program Rona Nusantara membagikan paket superqurban di Dusun Nampu, Desa Pojok Klitih, Kabupaten Jombang. 
Paket Superqurban yang dikemas dalam bentuk kornet tersebut diharapkan menjadi salah satu solusi untuk menjawab permasalahan tidak meratanya distribusi daging qurban sampai ke pelosok nusantara. 
"Superqurban adalah progran optimalisasi qurban dengan mengolah dan mengemas daging qurban menjasi kornet. Ini juga bisa menjadi alternatif bahan pangan untuk wilayah rawan pangan maupun bencana," ujar Media Community Relations Rumah Zakat, Yadi Mulyadi. 

Kegiatan Rona Nusantara Jombang

Kegiatan Rona Nusantara Jombang (Foto: Ferio Pristiawan/kumparan)

Di Dusun Nampu, paket Superqurban dibagikan ke penduduk yang membutuhkan. Serta juga dikonsumsi untuk makan bersama seluruh warga Dusun Nampu. 
Kepala Dusun Nampu, Muhammad Wakib (49), mengatakan bahwa warga dusun sangat terbantu dengan keberadaan Rumah Zakat. Sehingga dapat membantu kondisi masyarakat yang serba terbatas. 
"Kami merasa apa yang sudah diberikan oleh Rumah Zakat sangat berarti sekali. Apalagi ada jamuan makan bersama ini menunjukkan besarnya rasa kekeluargaan," tutur Wakib. 
Salah satu penerima paket Superqurban adalah seorang Waginem seorang tua renta. Ia pun berterima kasih masih ada orang muda yang masih peduli terhadap kondisi masyarakat seperti dirinya 
"Terima kasih saya terima bantuannya," ucapnya singkat. 

Kegiatan Rona Nusantara Jombang

Kegiatan Rona Nusantara Jombang (Foto: Ferio Pristiawan/kumparan)

Perlu diketahui sejak tahun 2013 hingga 2016 Rumah Zakat telah menyalurkan 170.000 paket Superqurban ke seluruh wilayah Indonesia.  
Rencananya penyaluran Superqurban akan terus dilanjutkan dengan menyasar pada pos bencana dan program kemanusiaan, pos wilayah rawan pangan dan gizi, serta pos program reguler. 
Program Superqurban
Program Superqurban adalah program optimalisasi qurban dengan mengolah dan mengemas daging qurban menjadi kornet. Pengolahan daging qurban menjadi kornet ini merupakan upaya Rumah Zakat untuk menjadikan manfaat ibadah semakin bermakna. Diantaranya adalah dengan distribusi kornet qurban untuk masyarakat yang membutuhkan di berbagai pelosok Indonesia, hingga ke wilayah konflik maupun terkena bencana.
Pengolahan daging qurban menjadi kornet ini telah dilakukan di sejumlah Negara Islam, misalnya Saudi Arabia, yang telah mengirim daging qurban dikornetkan ke berbagai Negara muslim yang miskin di dunia atau lokasi-lokasi bencana yang memerlukan bantuan bahan makanan.
Info lebih lengkap soal program ini bisa Anda akses di sharinghappines.org/superqurban.
Anda bisa jadi bagian dari program superqurban cukup dengan berdonasi di halaman berikut ini:

Laporan: FERIO PRISTIAWAN

NewsRumah ZakatKurbanJawa Timur

500

Baca Lainnya