• 2

Wings Air Kecelakaan, Bandara Ahmad Yani Ditutup Sementara

Wings Air Kecelakaan, Bandara Ahmad Yani Ditutup Sementara



Wings Air tergelincir

Wings Air tergelincir di Semarang (Foto: Istimewa)

Pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW1896 mengalami kecelakaan di Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah. Proses evakuasi membuat bandara ditutup sementara.
Keputusan ini diambil berdasarkan Notice To Airmen (NOTAM) yang disampaikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Minggu (25/12). Penutupan berlangsung selama beberapa jam sampai evakuasi selesai. Sejumlah penerbangan dari dan ke Bandara Ahmad Yani tertunda.
Kronologi Kecelakaan
Pukul 17.33 WIB: Pesawat Wings Air ATR 72-600 tersebut berangkat dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Total ada 72 orang di dalam pesawat, terdiri dari 68 penumpang dan 4 kru.


Pukul 18.24 WIB: Pesawat mendekati Bandara Ahmad Yani Semarang. Saat itu cuaca sedang hujan dengan awan Cumulonimbus berada di ketinggian 1.500 kaki. Pesawat kemudian mendarat di runway 13, namun setelah mendarat, pesawat itu mengalami kecelakaan di bagian landing gear sebelah kanan, hingga akhirnya tergelincir ke bahu runway. Seluruh penumpang berhasil diselamatkan.
Pukul 19.40 WIB: Bandara ditutup sementara untuk proses evakuasi.
Profil Pesawat

Wings Air Tergelincir

Wings Air tergelincir di Semarang (Foto: Istimewa)

Pesawat tersebut berjenis ATR 72-600 (72-212A) dengan nomor registrasi PK-WGW. Usianya baru satu tahun 11 bulan, atau tepatnya mulai diterbangkan pada bulan Februari 2015 lalu. Pesawat berkapasitas kecil ini dilengkapi dengan mesin 2 Pratt & Whitney Canada PW127M.



Breaking NewsSemarangBandara Ahmad YaniWings AirPesawat

500

Baca Lainnya