Peringatan Hari Anak Jakarta Membaca di Jakarta Selatan

Rachmi Yamini
ASN Pemprov. DKI Jakarta - Pustakawan - Pecinta Damai
Konten dari Pengguna
6 September 2023 5:42 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Rachmi Yamini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Logo Hari Anak Jakarta Membaca Tahun 2023 (Sumber: Dokumentasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta)
zoom-in-whitePerbesar
Logo Hari Anak Jakarta Membaca Tahun 2023 (Sumber: Dokumentasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta)
ADVERTISEMENT
Peringatan Hari Anak Jakarta Membaca (Hanjaba) terakhir kali dirayakan pada Agustus 2019, tepat sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan dunia. Hanjaba sendiri sudah dilaksanakan sejak tahun 2006 oleh Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta dan disahkan dalam Surat Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 399 Tahun 2006 tentang Hari Anak Jakarta Membaca.
ADVERTISEMENT

Hari Anak Jakarta Membaca (Hanjaba)

Hari Anak Jakarta Membaca atau biasa disingkat menjadi Hanjaba merupakan salah satu kegiatan pembudayaan kegemaran membaca yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta beserta Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan 5 Kota Administrasi sebagai upaya dalam menumbuhkan minat baca anak-anak di DKI Jakarta. Hanjaba diperingati setiap tanggal 24 Agustus setiap tahun sejak tahun 2006.
Peringatan Hanjaba diisi dengan berbagai kompetisi atau perlombaan di bidang literasi yang bertujuan untuk mengasah kreativitas anak-anak dan memberikan apresiasi bagi mereka yang berprestasi sebagai motivasi dan inspirasi bagi teman sebayanya. Perlombaan ini biasanya ditujukan bagi anak-anak usia TK/PAUD, SD, SMP, hingga SMA, mulai dari tingkat Kota Administrasi. Puncaknya, peringatan Hanjaba dilaksanakan di tingkat Provinsi DKI Jakarta dengan melibatkan seluruh panitia dan para juara lomba di tingkat kota administrasi.
ADVERTISEMENT
Mengusung tema "Dari Baca Jadi Karya untuk Jakarta", peringatan Hanjaba di tahun 2023 ini merupakan peringatan Hanjaba yang pertama setelah pandemi Covid-19. Terakhir kali, peringatan Hanjaba dilakukan pada Agustus 2019.
Pada peringatan Hanjaba kali ini, terdapat 5 lomba untuk peserta kategori SD/MI dan SMP/MTs. Lomba tersebut adalah Lomba Menggambar dan Mewarnai bagi peserta didik kelas 1-3 SD/MI; Lomba Bercerita bagi peserta didik kelas 3-5 SD/MI; Lomba Membacakan Puisi bagi peserta didik kelas 4-6 SD/MI; serta Lomba Pidato Bahasa Indonesia dan Lomba Membuat Komik Strip bagi peserta didik SMP/MTs. Lomba-lomba ini dilaksanakan secara berjenjang, dimulai dari tingkat kota administrasi. Lalu para pemenang lomba dari 5 kota administrasi tersebut akan bersaing bersama di tingkat provinsi.
ADVERTISEMENT

Peringatan Hanjaba di Jakarta Selatan

Hari Anak Jakarta Membaca (Sumber: Dokumentasi Sudin Kominfotik Jakarta Selatan)
Sepanjang minggu ke-3 bulan Agustus kemarin, peringatan Hanjaba sudah dilaksanakan di 4 kota administrasi, yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur. Sedangkan di Jakarta Selatan, peringatan Hanjaba dilaksanakan tanggal 29 sampai dengan 30 Agustus 2023 bertempat di Perpustakaan Jakarta Selatan atau di kantor Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Selatan di Jalan Gandaria Tengah V No. 3, Kebayoran Baru.
Sekitar 350 peserta didik dari SD/MI dan SMP/MTs di wilayah Jakarta Selatan mendaftarkan diri untuk menjadi peserta dalam lomba-lomba pada peringatan Hanjaba tingkat Kota Administrasi Jakarta Selatan. Namun, hanya 160 peserta saja yang dapat mengikuti lomba-lomba tersebut karena kuota lomba yang terbatas.
ADVERTISEMENT
Perlombaan menjadi kian meriah dan persaingan makin sengit karena para juri yang berpartisipasi dalam menilai peserta dan menentukan pemenang merupakan para profesional yang memiliki kompetensi dan kualifikasi di bidangnya. Pada Lomba Bercerita, ada Kak Nia Ramlan, Kak BudiBaikBudi, dan Kak Kanya yang aktif sebagai pendongeng atau story teller yang tergabung dalam Komunitas Ayo Dongeng Indonesia. Para pegiat sastra yang juga aktif di Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin; Pak Remmy Novaris, Pak Nanang R. Supriyatin, dan Pak Ahmad Mulyadi menjuri pada Lomba Membacakan Puisi. Pada Lomba Menggambar dan Mewarnai, tiga ilustrator dan pegiat seni yang menjadi jurinya adalah Kak Ratna Kusuma Halim, Kak Romie, dan Kak Bagus Wahyu Ramadhan. Pelatih public speaking, Kak Raden Hanif; editor dan penulis buku, Kak Ernawati Waridah; serta penulis dan anggota Dewan Perpustakaan Jakarta, Kak Kanti W. Janis; didapuk menjadi Juri Pidato Bahasa Indonesia. Terakhir, ada Kak Ahmad Mahdi, Kak Afrizal Alfani, dan Kak Malia Hartati yang ketiganya merupakan komikus sekaligus ilustrator andal dengan berbagai karya.
ADVERTISEMENT
Pada hari pertama, tanggal 29 Agustus 2023 setelah acara pembukaan Hanjaba oleh Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Selatan, 4 lomba dilaksanakan secara serempak di Perpustakaan Jakarta Selatan. Panggung sekaligus Ruang Anak yang semula menjadi lokasi pembukaan acara beralih fungsi menjadi lokasi Lomba Bercerita yang diikuti oleh 20 peserta. Lomba Membacakan Puisi dilaksakan di Ruang Aula, bersebelahan dengan lokasi Lomba Bercerita. Lomba Menggambar dan Mewarnai yang diikuti oleh 100 peserta bertempat di ruang baca Remaja/Dewasa di lantai 2 perpustakaan. Di lantai yang sama, Lomba Pidato Bahasa Indonesia dilaksanakan di Ruang Referensi yang diikuti oleh 20 peserta.
Tanggal 30 Agustus 2023, hanya ada 1 lomba yang dilaksanakan di pagi hari sebagai penutup rangkaian peringatan Hanjaba, yaitu Lomba Membuat Komik Strip yang diikuti oleh 100 orang peserta. Pada siang hari, peringatan Hanjaba di Jakarta Selatan ditutup dengan acara Pengumuman Pemenang dan Penyerahan Apresiasi bagi para pemenang lomba pada peringatan Hanjaba. Untuk pemenang lomba kategori SD/MI, hadiah yang diterima senilai Rp2.000.0000 untuk Juara 1. Sedangkan pemenang lomba kategori SMP/MTs, hadiah yang diterima untuk Juara 1 senilai Rp3.500.000.
Penyerahan Apresiasi Lomba Bercerita Hanjaba (Sumber: Dokumentasi Perpustakaan Jakarta Selatan)
Penyerahan Apresiasi dilakukan oleh Asisten Administrasi Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Selatan yang sekaligus menutup rangkaian peringatan Hanjaba. Tarian, nyanyian, dan iringan musik gambang kromong oleh Sanggar Rama Sinta Persada binaan Suku Dinas Kebudaan Kota Administrasi Jakarta Selatan turut menghibur para peserta dan undangan yang hadir pada penutupan Hanjaba tersebut.
ADVERTISEMENT
Selama pelaksanaan kegiatan tersebut, layanan Perpustakaan Jakarta Selatan tutup bagi masyarakat umum. Namun, Mobil Pustaka (MOKA) membuka layanannya tepat di depan gerbang Perpustakaan Jakarta Selatan dan memberikan layanan baca di tempat bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan koleksi perpustakaan.
Layanan perpustakaan keliling dalam Mobil Pustaka (Sumber: Dokumentasi Perpustakaan Jakarta Selatan)
Kini, para juara lomba Hanjaba, yaitu Juara 1, Juara 2, dan Juara 3, yang akan maju dan berkompetisi dalam lomba yang sama di tingkat Provinsi dapat fokus mempersiapkan diri. Seperti harapan Bapak Sayid Ali dalam pidato penutupan Hanjaba, semoga para juara lomba Hanjaba di tingkat Kota Administrasi Jakarta Selatan dapat mengulang kesuksesan dan meraih prestasi terbaiknya pada pelaksanaan lomba Hanjaba di tingkat Provinsi.