Dompet Digital Era Kekinian

Mahasiswa S1 Teknik Telekomunikasi Angkatan 2021 Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Konten dari Pengguna
20 Juli 2022 19:49
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari RAFFI RIZKY RAMADHAN tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber: mohamed Hassan | pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Sumber: mohamed Hassan | pixabay.com
ADVERTISEMENT
Di masa sekarang perkembangan transaksi jual-beli berkembang dengan sangat pesat. Saat ini kita tidak perlu repot-repot lagi untuk pergi ke suatu tempat, cukup membuka gadget sudah dapat membeli sesuatu yang kita butuhkan. Apapun sudah dapat kita beli hanya dengan melalui gadget seperti makanan, minuman, pakaian, peralatan rumah tangga, bahkan kendaraan. Akan tetapi, hal tersebut tidak akan terwujud jika tidak ada alat tukar untuk bertransaksi. Transaksi yang dilakukan pun tentu sudah beralih secara digital, maka alat tukar atau mata uang pun pastinya juga berbentuk digital.
ADVERTISEMENT
Mata uang tentu membutuhkan wadah sebagai media penyimpanan, contohnya dompet. Karena mata uang yang dimaksud di sini adalah mata uang digital, maka dibutuhkannya sebuah platform e-wallet atau dompet digital untuk menampung mata uang tersebut. E-wallet atau dompet digital merupakan suatu media penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan uang digital atau e-money. Saat ini sudah tersedia banyak sekali digital platform yang dijadikan sebagai media untuk penyimpanan mata uang digital. Dengan adanya platform dompet digital tersebut, pengguna dapat bertransaksi baik secara offline maupun online. Apa saja manfaat yang dapat dirasakan dengan menggunakan dompet digital?
1. Terhindar dari Uang Palsu
Pada saat ini sedang marak berita beredar bahwasannya uang palsu yang semakin mirip dengan uang asli, hal ini tentu memberikan rasa cemas pada masyarakat. Dengan menggunakan dompet digital tentu dapat meminimalisir penyebaran uang palsu. Dompet digital juga memberikan rasa aman dalam bertransaksi.
ADVERTISEMENT
2. Terdapat Riwayat Transaksi
Dengan diberikannya fitur tersebut pada platform e-wallet atau dompet digital. Pengguna tidak perlu mengingat nominal uang yang sudah dibelanjakan. Cukup dengan menekan menu history, maka fitur tersebut akan menampilkan semua transaksi yang telah sukses dilakukan. Hal ini dapat membantu pengguna dalam mencatat pengeluaran maupun pemasukannya.
3. Tidak Hanya untuk Membeli Barang
E-wallet atau dompet digital tidak hanya dapat digunakan untuk membeli barang saja. Ada banyak sekali transaksi yang dapat kita lakukan melalui e-wallet seperti membeli pulsa, membayar tagihan listrik, air, internet, BPJS, bahkan membeli tiket transportasi umum. Selain itu, dengan e-wallet kita dapat melakukan transaksi antar sesama pengguna platform e-wallet ataupun antar bank melalui rekening.
4. Terhindar dari Penyebaran Virus
ADVERTISEMENT
Virus dapat menyebar melalui berbagai macam media, mata uang contohnya. Terlebih di masa pandemi seperti ini di mana perlunya mengurangi kegiatan berinteraksi dengan sesama manusia. Mata uang pun perlu diperiksa kesterilannya sebelum melakukan transaksi. Uang digital sangat cocok untuk situasi seperti ini, guna mengurangi penyebaran virus corona.
5. Sebagai Alternatif untuk Bertransaksi
Tentu dengan adanya e-wallet atau dompet digital dapat menjadi alternatif jika kita tidak memiliki uang cash yang cukup. Dengan adanya e-wallet juga seseorang tidak perlu repot-repot untuk membawa uang cash ke mana-mana. Hal ini juga dapat meminimalisir terjadinya tindakan kriminal.
Masih banyak lagi manfaat yang dapat kita rasakan jika menggunakan e-wallet atau dompet digital, namun hal tersebut tidak dapat disebutkan satu per satu. Menggunakan e-wallet dapat meminimalisir kehilangan uang dan membuat proses transaksi jual-beli menjadi lebih aman. Akan tetapi, pengguna juga diharapkan tetap bijak dalam menggunakan e-wallet karena dengan mudahnya bertransaksi dapat meningkatkan sifat boros pada seseorang. Gunakan teknologi sebijak mungkin dan jadilah pengguna yang pintar dalam mengoperasikannya.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020