Konten dari Pengguna

2 Pidato Bahasa Jawa Perpisahan Kelas 6 Pendek

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
12 Mei 2024 15:16 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pidato Bahasa Jawa perpisahan kelas 6 pendek. Sumber foto: Pixabay/Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pidato Bahasa Jawa perpisahan kelas 6 pendek. Sumber foto: Pixabay/Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pidato Bahasa Jawa perpisahan kelas 6 pendek merupakan jenis teks formal yang dapat dijadikan referensi bagi siswa. Teks ini bertujuan sebagai sarana untuk menyampaikan pesan dan harapan di momen penghujung sekolah yang berkesan.
ADVERTISEMENT
Pidato Bahasa Jawa perpisahan dapat juga disebut dengan sesorah. Dalam menyusun teks tersebut, terdapat beberapa struktur bagian yang perlu diperhatikan, di antaranya purwaka basa (pembuka), surasa basa (isi), dan wasana basa (penutup).

Pidato Bahasa Jawa Perpisahan Kelas 6 Pendek

Ilustrasi pidato Bahasa Jawa perpisahan kelas 6 pendek. Sumber foto: Pixabay/freestocks-photos
Berdasarkan buku Pintar Pidato: Kiat Menjadi Orator Hebat, Drs. Arif Yosodipuro, M.M, (2020:2), pidato adalah kegiatan berbicara di depan publik untuk memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Seperti halnya guna memberikan kesan dan pesan perpisahan.
Pidato perpisahan dapat disampaikan menggunakan berbagai bahasa. Salah satunya, yaitu Bahasa Jawa. Namun, agar dapat diterima dengan baik oleh audiens, teks pidato sebaiknya disusun dengan baik dan rapi sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku.
Teks yang runut dan sistematis akan enak didengarkan dan memberikan kesan positif bagi pendengar. Maka dari itu, agar dapat membuat naskah tersebut dengan baik, berikut merupakan contoh pidato Bahasa Jawa perpisahan kelas 6 pendek yang dapat diketahui.
ADVERTISEMENT
Contoh 1
ADVERTISEMENT

Contoh 2

ADVERTISEMENT
Itu tadi beberapa contoh pidato Bahasa Jawa perpisahan kelas 6 pendek. Adanya contoh tersebut dapat memudahkan pembaca untuk menyusun teks pidato yang menarik dan berkesan. (Riyana)