8 Contoh Situs Berbagi Pengetahuan untuk Pelajar

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
2 Juni 2024 16:07 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi contoh situs berbagi pengetahuan - Sumber: pixabay.com/stocksnap
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi contoh situs berbagi pengetahuan - Sumber: pixabay.com/stocksnap
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada beberapa contoh situs berbagi pengetahuan yang bisa dimanfaatkan oleh para pelajar. Website atau situs tersebut menyediakan informasi yang luas tentang berbagai topik yang bisa digunakan sebagai referensi dalam belajar dan menyelesaikan tugas.
ADVERTISEMENT
Selain itu, ada juga beberapa situs yang menawarkan kursus dan materi pembelajaran dari berbagai bidang ilmu. Materi di situs-situs itu dapat diakses secara gratis atau mengenakan biaya tertentu yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan.

Contoh Situs Berbagi Pengetahuan untuk Belajar

Ilustrasi contoh situs berbagi pengetahuan - Sumber: pixabay.com/mohamed_hassan
Adanya situs untuk berbagi pengetahuan online tersebut memiliki beberapa manfaat positif. Situs ini dapat memberikan kesempatan bagi pelajar untuk berdiskusi, bertanya, dan berbagi pengetahuan serta pengalaman dengan sesama pelajar atau ahli di bidang tertentu.
Berdasarkan buku Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan, Rais Tsaqif Yahya Al Hakim, dkk, (2021), beberapa situs bahkan menyediakan latihan interaktif dan kuis untuk membantu pelajar menguji ilmu pengetahuan dan memantau kemajuan belajarnya.
ADVERTISEMENT
Contoh situs berbagi pengetahuan yang bisa dimanfaatkan oleh para pelajar antara lain:

1. Ruang Guru

Platform ini menyediakan berbagai materi pelajaran untuk tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK. Diajarkan oleh pengajar yang terampil, ahli, dan berpengalaman.

2. Quipper

Situs belajar online ini menyediakan materi pembelajaran untuk jenjang SMP hingga SMA. Quipper memiliki empat layanan yang dapat dimanfaatkan, yaitu: Quipper Video, Quipper Video Masterclass, Quipper School, dan Quipper Campus.

3. Zenius

Situs ini merupakan pelopor dalam situs belajar online di Indonesia. Zenius telah berdiri sejak tahun 2007 dan menyediakan materi untuk jenjang pendidikan SD hingga SMA. Materinya beragam dan disajikan dalam bentuk video berbahasa Indonesia serta PDF berisi kumpulan soal dan dapat diunduh kapan saja.

4. Brainly

Di Brainly, pelajar bisa mencari, memberikan, atau bertanya tentang soal-soal tugas sekolah. Biasanya, berbagai jawaban untuk pertanyaan atau tugas sekolah sudah tersedia di sini. Mereka hanya perlu mengetikkan soal untuk menemukan jawabannya.
ADVERTISEMENT

5. Materi78

Materi78 menawarkan berbagai mata pelajaran SMA. Seperti Ekonomi, Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, Sejarah, dan Bahasa secara lengkap.
Menariknya, pembahasan setiap mata pelajaran dibagi menjadi beberapa jenjang. Mulai dari jenjang dasar untuk pengenalan mata pelajaran hingga jenjang lanjutan untuk materi yang lebih mendalam.

6. Sekolah.mu

Situs Sekolah.mu menawarkan lebih dari 2000 kelas yang mencakup berbagai jenjang pendidikan dan mata pelajaran. Jenjang pendidikan yang tersedia di Sekolah.mu sangat lengkap, mulai dari PAUD, SD, SMP, hingga SMA/SMK.
Metode pembelajaran di Sekolah.mu sangat bervariasi. Mulai dari penjabaran bergambar, video animasi, hingga modul belajar interaktif. Terdapat juga beberapa kelas gratis yang bisa dicoba melalui fitur free trial.

7. Kelas Pintar

Kelas Pintar menawarkan program belajar untuk jenjang SD, SMP, dan SMA. Ada beberapa fitur yang dapat digunakan di situs ini. Mulai dari Kuis, Tryout, Report, serta berbagai jenis tes seperti Ujian Nasional, Ujian Semester, dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi.
ADVERTISEMENT

8. EdukaSystem

Ini adalah situs yang khusus dirancang untuk siswa kelas 12 sebagai persiapan masuk perguruan tinggi. EdukaSystem juga menyediakan blog dengan berbagai materi pelajaran yang dapat diakses gratis. Ada juga grup Telegram yang dapat digunakan untuk bertanya dan berdiskusi dengan sesama anggota Eduka.
Masih ada beberapa contoh situs berbagi pengetahuan lainnya yang berguna bagi pelajar. Dengan begitu, pelajar dapat memperluas pengetahuan mereka, meningkatkan keterampilan, dan mendapatkan dukungan yang diperlukan untuk sukses dalam studi mereka. (DNR)