Konten dari Pengguna

Alasan Mengapa Seorang Penulis Perlu Mempersiapkan Paparan Materi dalam Seminar

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
28 Mei 2024 15:26 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mengapa seorang penulis perlu mempersiapkan paparan materi ketika menyajikan seminar. Sumber foto: Pexels/Christina Morillo
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengapa seorang penulis perlu mempersiapkan paparan materi ketika menyajikan seminar. Sumber foto: Pexels/Christina Morillo
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam menyiapkan materi untuk seminar, penulis perlu berbagai persiapan yang matang. Lantas, mengapa seorang penulis perlu mempersiapkan paparan materi ketika menyajikan sebuah seminar?
ADVERTISEMENT
Persiapan yang matang adalah kunci agar seminar bisa berjalan dengan lancar. Adapun persiapan ini meliputi paparan materi, fisik dalam hal ini kesehatan dan latihan sebelum mulai agar tidak gugup.

Mengapa Seorang Penulis Perlu Mempersiapkan Paparan Materi Ketika Menyajikan Sebuah Seminar?

Ilustrasi mengapa seorang penulis perlu mempersiapkan paparan materi ketika menyajikan seminar. Sumber foto: Pexels/ThisIsEngineering
Dikutip dari Buku Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Karya Tulis Ilmiah, Deepublish (2018:222), seminar adalah suatu pertemuan di mana semua pesertanya terlibat aktif.
Dalam perkembangannya, seminar bisa dilakukan baik secara online maupun offline. Adapun tujuan dari seminar adalah membahas serta bertukar pikiran tentang suatu permasalahan yang terjadi. Biasanya tukar pikiran ini dilakukan dalam sesi interaksi tanya-jawab antara pembicara dan peserta seminar.
Bagi penulis tentunya perlu persiapan materi terlebih dulu agar bisa menjelaskan poin-poin penting tentang tema yang dibicarakan.
ADVERTISEMENT
Dalam paparan materi, penulis akan menambah informasi baru yang mungkin saja belum diketahui serta meyakinkan peserta agar bisa melakukan tidakan positif seperti yang disarankan.
Lantas, mengapa seorang penulis perlu mempersiapkan paparan materi ketika menyajikan sebuah seminar? Ada beberapa alasan yang melatarbelakanginya. Berikut ulasannya.

1. Efektivitas Komunikasi

Melakukan komunikasi tentunya tidak mudah, apalagi berhadapan dengan banyak orang yang memiliki pandangan berbeda. Apalagi dalam seminar, penulis akan memberikan informasi baru dan meyakinkan para peserta.
Adanya paparan materi akan memudahkan penulis untuk tahu apa saja poin-poin utama yang hendak dikomunikasikan. Lalu, bisa memilah mana informasi utama dan pendukung.
Dalam menyajikan materi, hendaknya menggabungkan visual dan tulisan. Buatlah materi yang sederhana, agar peserta bisa fokus dan memahaminya dengan mudah.
ADVERTISEMENT

2. Pesan yang Jelas

Paparan materi akan membuat pesan yang ingin disampaikan bisa lebih jelas. Oleh karena itu, dalam pembuatan materi, penulis harus menentukan tujuan yang ingin dicapai sehingga pesannya tidak kabur. Dengan demikian, akan mudah merancang pesan lebih ringkas, jelas dan mudah dipahami.

3. Lebih Teratur

Menyiapkan paparan materi, tentunya penulis bisa lebih mengatur informasi lebih baik sehingga mampu menyajikannya secara terstruktur dan sistematis. Hal tersebut akan membantu peserta untuk lebih memahami alur presentasi dan mampu mengikuti penjelasan dengan baik.

4. Profesionalisme

Membuat paparan materi adalah bagian dari profesionalisme. Ini mencerminkan dedikasi serta keseriusan penulis terhadap topik yang disampaikan sekaligus menghormati penyelenggara seminar dan peserta yang hadir.

5. Mengatasi Kegugupan

Mengalami kendala seperti gugup saat memulai seminar adalah hal yang lumrah terjadi. Adanya paparan materi ini akan membantu penulis mengatasi kendala tersebut dan menambah kepercayaan diri.
ADVERTISEMENT
Penulis akan memiliki panduan jelas apa yang akan disampaikan, lebih siap menghadapi peserta dan bisa melakukan presentasi lebih baik.
Jadi, alasan mengapa seorang penulis perlu mempersiapkan paparan materi ketika menyajikan sebuah seminar ada beberapa hal. Semua alasan tersebut saling berkaitan sehingga bisa membuat penulis berhasil dalam presentasi dan peserta seminar pun paham materi yang disampaikan. (RAN)