Konten dari Pengguna

Manfaat Hutan secara Tidak Langsung bagi Makhluk Hidup

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
8 Juni 2024 14:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Manfaat Hutan secara Tidak Langsung. Sumber: unsplash.com/ Geranimo
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Manfaat Hutan secara Tidak Langsung. Sumber: unsplash.com/ Geranimo
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hutan adalah paru-paru dunia yang menghasilkan oksigen dan udara bersih untuk bumi. Hutan memiliki manfaat langsung dan tidak langsung. Untuk manfaat hutan secara tidak langsung memang jarang diketahui oleh masyarakat.
ADVERTISEMENT
Manfaat tidak langsung berkaitan dengan efek keberadaan hutan bagi lingkungan dan makhluk hidup. Misalnya hutan sebagai penjaga keseimbangan air di ekosistem.

Pengertian Manfaat Hutan secara Tidak Langsung dan Contohnya

Ilustrasi Manfaat Hutan secara Tidak Langsung. Sumber: unsplash.com/ Sebastian Unrau
Menurut buku Hukum Kehutanan : Studi Penerapan Prinsip Hukum Pengelolaan Hutan Berkelanjutan oleh Dr. Baso Madiong, S.H., M.H. (2017:101), pengertian manfaat hutan secara tidak langsung adalah manfaat yang tidak langsung dinikmati oleh masyarakat, tetapi dapat dirasakan adalah keberadaan hutan itu sendiri.
Adapun contoh manfaat hutan secara tidak langsung yaitu sebagai berikut.

1. Menjaga Keseimbangan Air pada Lingkungan

Tanpa disadari keberadaan hutan mampu menjaga keseimbangan air pada lingkungan. Air dari dalam tanah akan terjaga jumlahnya karena adanya pepohonan hijau yang mendominasi hutan.
Tumbuhan hijau akan menghasilkan oksigen dan air dalam proses fotosintesis. Semakin luas area hutan yang ditumbuhi pepohonan hijau, semakin terjaga pula keseimbangan airnya.
ADVERTISEMENT

2. Mencegah Terjadinya Erosi

Akar tanaman yang ada di hutan bisa mencegah terjadinya erosi. Tanah tidak akan mudah longsor dan tergerus oleh air hujan karena ada akar-akar yang menahan posisinya sekaligus menyerap air hujan sehingga tidak sampai terbawa arus air hujan.
Banjir bisa diminimalisir karena kemampuan akar tanaman yang mampu menyerap kelebihan air di hutan secara optimal.

3. Memberikan Manfaat terhadap Kesehatan

Secara tidak langsung, hutan mampu memberikan manfaat kesehatan. Oksigen yang dihasilkan dari hasil fotosintesis tumbuhan di dalamnya mampu membuat udara yang dihirup manusia menjadi bersih dan segar.
Penyakit pernapasan bisa ditekan jumlahnya apabila udara di sekitar tempat tinggal bersih dan tidak tercemar oleh polusi.

4. Bermanfaat sebagai Pariwisata

Hutan juga mampu dimanfaatkan sebagai objek wisata. Banyak hutan yang dibuat menjadi forest park dengan konsep yang beragam dan unik. Hal ini membawa dampak positif karena bisa meningkatkan sektor ekonomi dan pariwisata masyarakat setempat.
ADVERTISEMENT
Beberapa manfaat hutan secara tidak langsung di atas sangat menguntungkan bagi makhluk hidup, khususnya manusia. Sebagai makhluk yang tinggal di bumi, sudah sepatutnya untuk menjaga hutan agar memberikan manfaat berkepanjangan untuk bumi dan seisinya. (IMA)