Mengenal Cara Euglena Berkembang Biak

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
21 Mei 2024 14:41 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Euglena berkembang biak. Sumber: Pexels/Kindel Media
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Euglena berkembang biak. Sumber: Pexels/Kindel Media
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Euglena merupakan mikroorganisme bersel satu yang seringnya ditemukan di lingkungan air tawar dan laut. Adapun cara Euglena berkembang biak secara aseksual atau membelah diri.
ADVERTISEMENT
Euglena masuk dalam kelompok protista dengan ciri-ciri yang unik. Mikroorganisme ini memungkinkan melakukan fotosintesis seperti tumbuhan sekaligus dapat bergerak aktif seperti hewan.

Ketahui Cara Euglena Berkembang Biak dan Perannya dalam Kehidupan

Ilustrasi Meneliti Cara Euglena Berkembang Biak Aseksual. Sumber: Pexels/RF._.studio
Pada dasarnya cara euglena berkembang biak sama dengan protozoa, yaitu secara aseksual. Dikutip dari buku Ajar Taksonomi Tumbuhan I, Prof.Dr. Arrijani, M.Si., Kamaluddin, S.Si., M.Si. (2022: 73), pada umumnya golongan ini berkembang biak secara aseksual dengan pembelahan biner membujur.
Mulanya membelah menurut poros bujur. Selnya yang mempunyai dua bulu cambuk dan kloroplas yang berbentuk piala serta mengandung pirenoid.
Sebelum membelah, pirenoid ini melebar melintang dan kedua bulu cambuknya saling berjauhan. Pirenoid dan kloroplas lalu mengadakan lekukan dan selnya akan membelah menjadi dua individu baru yang masing-masing satu bulu cambuk disertai dengan stigma.
ADVERTISEMENT
Para ahli Biologi telah meneliti bahwa perkembangbiakan euglenoid terjadi secara mitosis, tapi tidak ditemukan perkembangbiakan secara seksual.
Euglenoid ini seringkali membelah secara cepat sehungga pembelahan kloroplas belum sempat terjadi. Hal ini yang menyebabkan ada satu individu baru yang hasil pembelahannya tidak memiliki kloroplas dan kehilangan warnanya.
Individu baru ini selanjutnya tumbuh menjadi makhluk hidup yang sifatnya heterotrof (mengonsumsi makanan organik lain). Maka, dikatakan sifat euglenoid ini kadang seperti tumbuhan dan kadang seperti hewan.
Tak jarang pengelompokan euglenoid ini masih sering menjadi bahan perdebatan.
Lantas bagaimana dengan peran mikroorganisme ini dalam kehidupan?
ADVERTISEMENT
Meski demikian, euglena ini punya dampak negatif juga yaitu dapat mencemari sumber air dan menyebabkan penimbunan endapan tanah pada dasar kolam atau danau.
Itulah penjelasan mengenai cara berkembang biak euglena dan perannya dalam kehidupan. Semoga bermanfaat! (DIA)