Mengenal Kemasan Primer dan Fungsinya pada Suatu Produk

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
26 Maret 2024 16:43 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kemasan primer adalah. Sumber: pexels.com/Kristina Paukshtite
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kemasan primer adalah. Sumber: pexels.com/Kristina Paukshtite
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kemasan merupakan komponen penting yang berguna untuk melindungi produk dan meningkatkan nilai jualnya. Kemasan terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya kemasan primer. Kemasan primer adalah kemasan yang bersentuhan langsung dengan produk.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Pemasaran dan Pengemasan dalam Seni Batik Ciprat oleh Evi Gravitiani (2017:60) kemasan primer merupakan kemasan utama dan kemasan paling penting yang dapat menjaga kualitas produk dari pada kemasan lainnya.

Pengertian Kemasan Primer dan Fungsinya

Ilustrasi kemasan primer adalah. Sumber: pexels.com/cottonbro studio
Pada dasarnya, kemasan primer adalah kemasan yang bersinggungan langsung dengan produk. Jadi, kemasan primer diharuskan terbuat dari bahan yang tidak beracun sehingga tak menyebabkan reaksi kimia yang menyebabkan perubahan warna, bau, rasa, dan lain-lain.
Kemasan primer biasanya berupa kemasan plastik dan kemasan kertas. Produk yang memanfaatkan kemasan primer biasanya memiliki ukuran yang relatif kecil.
Umumnya, kemasan primer ialah kemasan yang isinya produk dengan ukuran yang akan dipilih oleh pembeli, contohnya shampo, saus, snack, dan sebagainya. Jadi, seringkali kemasan primer dibuat dalam bermacam ukuran sesuai selera dan kebutuhan konsumen.
ADVERTISEMENT
Misalnya, air minum yang dibuat dalam berbagai ukuran dari kecil yang berisi 200 ml air hingga besar yang berisi 1 liter air. Begitu pula dengan produk kosmetik, skincare, makanan, dan sebagainya.
Fungsi kemasan primer ini sangat penting untuk menunjang keberhasilan produk. Berikut beberapa fungsi kemasan primer yang perlu diketahui.

1. Melindungi Produk

Sebuah produk yang dijual perlu diberi kemasan yang melindunginya agar tidak terkena kotoran, udara, air, dan sebagainya. Hal ini akan menjaga produk dari kerusakan. Terlebih lagi jika produk tersebut ialah berupa makanan.
Produk makanan membutuhkan perlindungan yang dapat menjaga kehigienisan makanan. Makanan yang higienis dapat menghindarkan konsumen dari risiko penyakit karena bakteri dan kuman.

2. Mengawet Produk

Beberapa produk tidak dapat diletakkan di ruang terbuka dalam waktu lama. Hal tersebut dapat merusak kualitas produk. Misalnya, makanan kerupuk, kue, dan sebagainya. Makanan yang berada di suhu ruang biasanya lebih mudah rusak kualitas tekstur dan rasanya.
ADVERTISEMENT

3. Menarik Konsumen

Kemasan primer umumnya akan berhadapan langsung dengan konsumen bersaing dengan kemasan produk lain pada rak-rak toko pengecer. Maka dari itu, seringkali kemasan primer dibuat seindah dan semenarik mungkin untuk menggugah konsumen untuk membelinya.
Tidak hanya itu, kemasan biasanya dipakai untuk menuliskan deskripsi produk yang dapat memberikan banyak informasi tentang produk tersebut pada konsumen. Hal tersebut dapat meyakinkan pembeli untuk membelinya.
Kesimpulannya, kemasan primer adalah kemasan yang bersentuhan langsung dengan produk. Fungsi dari kemasan primer tersebut ialah untuk melindungi produk, mengawetkan produk, dan menarik konsumen. (SLM)