Mengenal Nama Satelit Uranus dan Karakteristiknya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
2 April 2024 15:38 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi nama satelit uranus. Sumber: Pexels/ZCH
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi nama satelit uranus. Sumber: Pexels/ZCH
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Nama satelit Uranus bermacam-macam, salah satunya Miranda. Setiap satelit memiliki nama yang berbeda begitu juga karakteristik fisiknya yang diteliti oleh para ilmuwan. Hal ini menarik untuk diketahui karena menambah wawasan tentang astronomi.
ADVERTISEMENT
Planet Uranus tampak berwarna biru kehijauan jika dilihat dengan teleskop dan tidak tampak ada tanda kehidupan di sana. Karena komposisinya sebagian besar berupa gas.

Nama Satelit Uranus

Ilustrasi nama satelit uranus. Sumber: Pexels/ZCH
Planet Uranus dikenal sebagai planet yang memiliki banyak satelit. Jumlahnya berkisar 21 satelit alami yang mengelilingi planet ke tujuh dalam urutan tata surya ini.
Menurut buku Geografi: Jelajah Bumi dan Alam Semesta, Hartono (2007), planet Uranus memiliki diameter 49.000 km yang artinya hampir 4 kali lipat diameter bumi. Atmosfernya dipenuhi hidrogen, helium, dan metana.
Nama semua satelit Uranus diambil dari karakter-karakter ciptaan William Shakespeare seorang dramawan terkenal atau Alexander Pope sang penyair. Berikut adalah nama satelit Uranus beserta karakteristiknya.

1. Ariel

Ariel menjadi satelit paling terang di antara lainnya yang berada di planet Uranus. Jika diamati permukaannya terlihat paling muda. Namun pada permukaan Ariel memiliki penampakan kawah-kawah besar di dalamnya.
ADVERTISEMENT

2. Umbriel

Permukaan Umbriel merupakan yang tergelap di antara satelit Uranus dan tampaknya terbentuk oleh tubrukan. Ciri khas permukaan di Umbriel adalah cincin materi terang di dasar kawah Wunda.

3. Miranda

Nama satelit Uranus selanjutnya ialah Miranda. Satelit ini memiliki permukaan yang berbeda dengan satelit alam Uranus lain. Permukaannya berupa jurang-jurang besar yang dalam. Permukaan satelit ini tampak sangat tua menurut penelitian para ahli.

4. Titania

Titania merupakan satelit alami terbesar planet Uranus dan terbesar ke delapan di Tata Surya. Ditemukan oleh William Herschel tahun 1787.
Satelit ini terdiri atas kandungan es dan bebatuan yang kurang lebih sama banyak. Permukaannya terlihat gelap dan sedikit berwarna merah. Titania dipenuhi kawah tubrukan yang diameternya mencapai 326 km.
ADVERTISEMENT
Mengenal nama satelit Uranus menjadi pembahasan menarik untuk dipelajari dalam ilmu astronomi. Pengambilan nama yang indah berasal dari nama karakter ciptaan dramawan dan penyair terkenal di dunia. (DVA)