Konten dari Pengguna

Tari Serimpi Berasal dari Mana? Ini Jawabannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
25 September 2023 9:45 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tari serimpi berasal dari. Foto hanya ilustrasi. Sumber: Pixabay/ sari7
zoom-in-whitePerbesar
Tari serimpi berasal dari. Foto hanya ilustrasi. Sumber: Pixabay/ sari7
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tari serimpi adalah jenis tarian yang cukup populer. Tari ini diketahui telah berkembang sejak ratusan tahun lalu. Berdasarkan sejarahnya, tari serimpi berasal dari wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Keanekaragaman Seni Tari Nusantara oleh Resi Septiana Dewi (2012:15) tari serimpi adalah suatu jenis tarian yang diperagakan oleh 4 putri. Masing-masing dari penari tersebut mendapatkan sebutan air, api, angin, dan tanah.

Asal Usul dan Sejarah Tari Serimpi

Tari serimpi berasal dari. Foto hanya ilustrasi. Sumber: Pixabay/ Dedy_Timbul
Menurut sejarah, tari serimpi berasal dari wilayah Jawa Tengah. Maulanya, tarian ini dikenalkan pada masa kerajaan Mataram pada tahun 1613 sampai 1646. Pada masa itu, kerajaan Mataram dipimpin oleh Sultan Agung.
Tarian serimpi diketahui termasuk dalam seni tari yang cukup tua di Jawa. Selain itu, tari serimpi juga dikenal akan kesucian dan kesakralannya. Hal ini karena tari serimpi hanya dapat ditampilkan oleh penari pilihan di Kawasan Keraton pada acara tertentu.
ADVERTISEMENT
Pada tahun 1755, Kerajaan Mataram tengah dilanda perpecahan antar saudara, yang membuat kerajaan terbagi menjadi dua. Yaitu Kesultanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta. Hal ini membuat tari serimpi mendapatkan dampaknya.
Tari serimpi tersebut tetap menjadi tari pilihan yang ada pada dua kerajaan di Jawa Tengah. Namun, keduanya memilki perbedaan antara tarian versi Jogja dan versi Surakarta.
Seirng berkembangnya zaman, tari serimpi pun terpecah lagi menjadi beberapa macam. Mulai dari serimpi babul layar, serimpi dhempel, serimpi padhelori, serimpi genjung, serimpi cina, dan yang terakhir adalah serimpi pramugari.

Makna Tari Serimpi

Tari serimpi berasal dari. Foto hanya ilustrasi. Sumber: Pixabay/ thenpx1
Tari serimpi berasal dari Jawa Tengah Yogyakarta yang terkenal dengan kelembutan wanitanya. Sehingga, tak heran jika tari ini memiliki makna sebagai keanggunan serta kelembutan wanita Yogyakarta.
ADVERTISEMENT
Tarian serimpi juga menjadi representasi dari karakter wanita Jawa yang sesungguhnya. Melalui gerakan yang ditampilkan, wanita Jawa tersebut dilambangkan sebagai manusia yang bertutur kata yang halus dan juga berperilaku lembut.
Sseiring berkembangnya jenis tarian serimpi, membuat makna masing-masing jenis tersebut juga berbeda. Seperti contoh pada tari serimpi gendang wati. Tari tersebut menceritakan kisah Angling Darma yang mempunyai kekuatan gaib.
Dapat disimpulkan, tari serimpi berasal dari daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Tarian ini telah ada sejak Kerajaan Mataram kuno, namun tetap eksis hingga sekarang. (NUM)