News
·
19 April 2021 13:33

Pengalaman Saya Magang di Dinkopdag Temanggung

Konten ini diproduksi oleh Ramadhan Aditya Firmansyah
Program Studi Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas Amikom Yogyakarta mengadakan kegiatan magang untuk memberikan pengalaman dan menambah wawasannya kepada mahasiswa untuk dapat bekerja di suatu perusahaan atau instansi sesuai dengan kompetensi yang dikuasai mahasiswa di tempat magang. Kegiatan magang kerja ini dapat memberikan pengalaman kerja sehingga diharapkan pada saat lulus kuliah diharapkan mahasiswa bisa langsung terjun ke dunia kerja dengan mempraktikkan teori ke dalam dunia kerja.
ADVERTISEMENT
Jadi seperti apa pengalaman saya selama magang di Dinas Koperasi, Ukm, dan Perdagangan Kabupaten Temanggung?
Pada bulan Januari 2021, saya mengajukan surat pra survei magang ke kampus Universitas Amikom Yogyakarta untuk keperluan persyaratan yang akan diajukan ke pihak dinas, setelah melakukan pengajuan surat pra survei, setelah itu saya langsung meminta surat pengantar magang dari kampus untuk diajukan ke pihak dinas, setelah surat pengantar itu masuk saya mendapat persetujuan baik dari pihak dinas maupun pihak kampus untuk melakukan kegiatan magang kerja. Di tempat magang saya bertemu dengan orang-orang yang baru dan saling bantu-membantu selama kegiatan magang itu berlangsung.
Kegiatan magang mahasiswa dilakukan selama satu bulan, dan dilaksanakan pada hari senin sampai dengan hari jumat pada pukul 07.00 wib sampai 16.00 wib dan pada hari jumat dilakukan pada jam 07.00 wib sampai 11.00. Hari dan jam kerja tersebut mengikuti jam operasional dinas, dan saya sebagai mahasiswa mengikuti alur operasionalnya sesuai arahan yang ditetapkan oleh pihak dinas yang ditempati oleh mahasiswa magang.
ADVERTISEMENT
Selama magang di Dinas Koperasi, Ukm, dan Perdagangan saya memperoleh pengalaman dan mendapatkan tambahan wawasan dari pihak dinas yang menjadi mitra magang tersebut, antara lain saya bisa mengikuti program-program kerja yang ada di dinas yaitu mengikuti rapat antara dinas koperasi dengan dinas pertanian yang di dalamnya membahas tentang pemberdayaan petani kopi yang diharapkan menjadi produk unggulan di Kabupaten Temanggung, mengikuti kunjungan ke usaha kecil dan menengah salah satunya ke ukm kopi dan ke ukm batik, serta ke koperasi-koperasi yang ada di Kabupaten Temanggung.
Pengalaman Saya Magang di Dinkopdag Temanggung (49652)
searchPerbesar
Kunjungan dinkopdag ke dinas pertanian dalam rangka pembahasan pemberdayaan Ukm Kopi
Selain itu, banyak hal positif yang saya dapatkan. Pastinya adalah ilmu yang bermanfaat dan pengalaman yang berharga. Maka dari itu tidak ada salahnya jika kita melakukan kegiatan magang kerja, bagi yang belum magang maka cobalah. Setidaknya kita mendapatkan gambaran yang lebih terkait dengan apa yang sudah kita dapatkan di dalam kelas serta gambaran akan suatu pekerjaan.
ADVERTISEMENT