Entertainment
·
22 September 2020 13:00

Refleksi Diri di Virgo Season, Sebuah Cara untuk Berdamai dengan Diri Sendiri

Konten ini diproduksi oleh Zodiak Hari Ini
Refleksi Diri di Virgo Season, Sebuah Cara untuk Berdamai dengan Diri Sendiri (101570)
Photo by KAL VISUALS on Unsplash
Banyak pengaruh positif yang terjadi selama musim Virgo ini. Selain pengaruhnya yang dapat membuat hidup seseorang menjadi lebih tertata, musim Virgo ini juga memberikan pengaruh yang berkaitan dengan pencapaian dan perkembangan diri.
ADVERTISEMENT
Dalam kartu tarot, zodiak Virgo disimbolkan dengan kartu The Hermit atau kartu Pertapa yang dapat diasosiasikan dengan perilaku refleksi diri.
Refleksi diri dimengerti sebagai sebuah proses melihat kembali pengalaman yang telah dijalani untuk dapat menarik pembelajaran bagi diri sendiri. Inilah salah satu faktor dari berhasilnya suatu pencapaian dan perkembangan diri yang tidak terlepas dari refleksi diri yang dilakukan oleh seseorang. Cara ini juga merupakan cara yang tepat untuk dapat berdamai dengan diri sendiri. Lalu, apa sajakah yang perlu dilakukan selama proses refleksi diri?
Refleksi Diri di Virgo Season, Sebuah Cara untuk Berdamai dengan Diri Sendiri (101571)
Photo by Yuris Alhumaydy on Unsplash
1. Jujur pada diri sendiri
Menjadi jujur atau terbuka pada diri sendiri rupanya dapat menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Untuk itu, refleksi diri dapat digunakan sebagai kesempatan untuk lebih terbuka lagi pada diri sendiri. Dengan mengakui secara jujur apa saja yang terkait dengan hal yang sedang terjadi atau perasaan apa yang sedang dirasakan, kamu akan lebih mudah untuk membantu dirimu untuk menghadapi kesulitanmu.
ADVERTISEMENT
2. Pahami hal yang terbaik untuk diri sendiri
Penting bagimu untuk memahami hal apa saja yang terbaik untuk dirimu sendiri. Dan kamu tidak bisa menyamakan hal ini dengan orang lain karena apa yang baik bagi orang lain belum tentu baik untukmu. Dengan memahami dan mengenali apa yang terbaik untukmu maka itu akan membantumu untuk dapat tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.
3. Kenali pola kebiasaan
Dalam beraktivitas sehari-harinya pasti kita sering menjalankan banyak kebiasaan. Cobalah untuk lebih mengenali dan mempelajari kebiasaanmu, baik yang positif dan negatif. Dengan mempelajari kebiasaan-kebiasaan tersebut, kamu bisa menghilangkan kebiasaan yang tidak baik, sekaligus menambah kebiasaan yang sehat dan positif.
Refleksi Diri di Virgo Season, Sebuah Cara untuk Berdamai dengan Diri Sendiri (101572)
Photo by Conner Ching on Unsplash
4. Memaafkan diri sendiri
ADVERTISEMENT
Perihal memaafkan juga bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Namun penting untuk memaafkan diri sendiri ketika melakukan kesalahan. Sangat manusiawi jika kita melakukan kesalahan, namun terus menyalahkan diri sendiri pun tidak akan mengubah sesuatu menjadi lebih baik. Alangkah bagusnya jika memaafkan diri sendiri lalu belajar dari kesalahan agar tidak terulang kembali.
Sangat disarankan untuk mengamati bagaimana dirimu berkembang setelah melakukan refleksi diri. Kamu bisa menuliskan perkembangan diri maupun hambatan yang kamu lalui ke dalam buku harian atau jurnal.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white