Pencarian populer

Rangkum 10 April 2019: #JusticeForAU hingga Video Guru-Murid Berseteru

Kasus AU, siswa SMP yang jadi korban penganiayaan oleh beberapa siswi SMA di Pontianak, menjadi pembuka Rangkum edisi ini. Berikut selengkapnya.

1. Siswi SMP di Pontianak Jadi Korban Penganiayaan Belasan Siswi SMA

Ilustrasi kekerasan Foto: pixabay

AU (14 tahun), menjadi korban penganiayaan yang dilakukan oleh beberapa siswi dari beberapa Sekolah Menengah Atas di Kota Pontianak, pada Jumat (29/3). Diduga motif penganiayaan tersebut karena asmara. Menurut keterangan dari ibu korban, LK, AU dijambak, disiram air, kepalanya dibenturkan ke aspal, hingga perutnya diinjak.

"Anak saya baru berani bicara kepada saya, bahwa dia dianiaya itu. Sekarang semakin depresi, tertekan, traumatik, terus psikisnya sudah terkena,” imbuh LK, Senin (8/4).

Peristiwa miris itu pun menjadi trending topic dunia di Twitter dengan hashtag #JusticeForAU. Hingga Selasa (9/4), dukungan mengalir dari berbagai pihak mulai dari influencer sampai Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono.

Baca: Siswi SMP di Pontianak Jadi Korban Penganiayaan Belasan Siswi SMA

2. Nusron Wahid Dituding Minta Disiapkan 400 Amplop 'Serangan Fajar'

Nusron Wahid Foto: Johanes Hutabarat/kumparan

Tersangka kasus suap, Bowo Sidik Pangarso, menuding politikus Golkar, Nusron Wahid, minta untuk disiapkan 400 amplop 'Serangan Fajar' yang berasal dari hasil suap dan gratifikasi. Pengacara Bowo, Saut Edward Rajagukguk, mengatakan perintah ditujukan untuk meraup suara di Jawa Tengah yang menjadi daerah pemilihan Nusron dan Bowo dalam Pemilu 17 April mendatang.

"Amplop mau dibagi ke Jawa Tengah atas perintah pimpinan dia (Bowo), Pak Nusron Wahid. Pimpinan di pemenangan pemilu. (Koordinator Bidang) Bappilu Jateng Kalimantan. Ini langsung disampaikan Bowo ke penyidik," ujar Saut, di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Selasa (9/4).

Namun saat dikonfirmasi, Nusron membantah tudingan tersebut. "Pokoknya saya tidak pernah main begituan, bisa dibuktikan, saya tidak pernah main begituan dan saya tidak pernah nyuruh orang begitu," ucapnya.

Baca: Nusron Wahid Dituding Minta Disiapkan 400 Amplop 'Serangan Fajar'

3. 2,7 Ribu Paket Minyak Goreng Ditemukan di Rumah Caleg Nasdem Lampung

Minyak Goreng Foto: Ela Nurlaela/kumparan

Sebanyak 2.784 paket minyak goreng kemasan ditemukan di rumah salah satu calon legislator (caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Lampung dari Partai Nasional Demokrasi (Nasdem), berinisial AS, Selasa (9/4). Paket yang ditemukan di Gang Famili 6, Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung, tersebut diduga menjadi strategi untuk mendulang suara dalam Pemilu 2019.

"Iya memang kami sudah ke sana untuk meminta yang bersangkutan agar tidak menyebarkan paket (minyak goreng) itu yang sudah diplastikin (kepada masyarakat)," katanya kepada Lampung Geh, Selasa (9/4).

Baca: 2,7 Ribu Paket Minyak Goreng Ditemukan di Rumah Caleg Nasdem Lampung

4. 10 Jembatan di Kabupaten Sukabumi Rusak

Petugas BPBD Kabupaten Sukabumi saat meninjau kondisi Jembatan Ciheulang, Senin (8/4/2019 Foto: Suhendi

Ada 10 jembatan di Kabupaten Sukabumi mengalami kerusakan akibat curah hujan yang tinggi. Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sukabumi, Eka Widiaman, menyebutkan beberapa jembatan tersebut antara lain jembatan Warungkiara, Cisarua, Tenjojaya, dan Bantargadung.

"Dari jumlah 10 jembatan yang rusak, belum semua ditangani. Hanya ada beberapa jembatan yang sudah ditangani sesuai dengan anggaran yang ada. Untuk sementara bisa dilakukan secara gotong royong. Itupun jembatannya tidak total ambruk," ujar Eka, Senin (8/4).

Baca: 10 Jembatan di Kabupaten Sukabumi Rusak

5. Beredar Video Perkelahian Guru dan Murid SMA di Bojonegoro

Video capture perkelahian siswa dan guru di SMA Negeri 1 Tambakrejo Foto: JatimNow

Video perkelahian guru dan murid Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambakrejo, Bojonegoro, beredar di grup WhatsApp. Video berdurasi 20 detik itu, menunjukkan seorang guru dan murid laki-laki saling pukul, membanting, sampai mencekik di hadapan para murid lainnya.

"Bermula saat murid duduk di kursi guru di kelas. Guru Bimbingan Konseling (BK) itu kemudian menegur siswa itu di hadapan teman-teman sekelasnya. Siswa yang ditegur tak terima. Keduanya tersulut emosi. Tapi sekarang sudah damai," ungkap Kepala SMAN 1 Tambakrejo, Muhadi, Senin (8/4).

Baca: Beredar Video Perkelahian Guru dan Murid SMA di Bojonegoro

6. Nasib Pulau Pombo, Kawasan Konservasi yang 'Dihuni' Sampah Plastik

Kondisi Pulau Pombo Foto: LenteraMaluku

Tempat wisata Pulau Pombo yang terletak di Kota Ambon, Maluku Tengah, keadaannya tak terurus dan dipenuhi banyak sampah plastik. Ketua GenPI Maluku, Glenn Wattimury, mengatakan sampah-sampah yang berada di Pulau Pombo adalah sampah hasil bawaan arus dan sisa sampah para pengujung.

"Seharusnya ada regulasi tentang sampah yang ada di Pulau Pombo, tentunya dilakukan dengan kegiatan monitoring. Apalagi Pulau Pombo merupakan lokasi konservasi," ujar Glenn.

Baca: Nasib Pulau Pombo, Kawasan Konservasi yang 'Dihuni' Sampah Plastik

7. Tertimbun Material Longsor, Jalur Majalengka-Kuningan Lumpuh

Jalan utama penghubung Kabupaten Majalengka dengan Kuningan, tepatnya di Kecamatan Cikijing tertutup material longsor sepanjang 15 meter. Foto: CiremaiToday

Longsor terjadi di Jalur Utama Majalengka-Kuningan, tepatnya di Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, pada Senin (8/4). Diduga longsor disebabkan hujan deras yang mengguyur terus-menerus. Akibatnya beberapa jalur yang dari dan menuju Majalengka-Kuningan terpaksa dialihkan ke jalur alternatif.

“Kami sudah melakukan rekayasa jalur, untuk kendaraan kecil dialihkan ke jalur alternatif Desa Karang Anyar-Cipulus-Cikijing Majalengka. Bagi kendaraan besar kami sudah lakukan penyekatan di Sukamulya untuk berbalik arah,” kata Kepala Urusan Pembinaan Operasi Lantas Polres Kuningan, Iptu Sutarja, Selasa (9/4).

Baca: Tertimbun Material Longsor, Jalur Majalengka-Kuningan Lumpuh

--------

Ikuti Rangkum edisi lainnya di sini.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Kamis,23/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22