kumparan
11 Apr 2019 23:58 WIB

Rangkum 12 April 2019: Danau Sentani Tercemar, Bayi di Polewali Mandar

Ihwal surat suara di Malaysia yang sudah tercoblos menjadi berita pembuka Rangkum edisi ini. Simak selengkapnya.
ADVERTISEMENT
1. Surat Suara di Malaysia Sudah Tercoblos
Komisioner KPU Viryan Azis, Komisioner KPU Hasyim Asy'ari, Komisioner Bawaslu M Afifudin saat konfrensi pers terkait surat suara tercoblos di Selangor, Malaysia. Foto: Helmi Afandi/kumparan
Sebuah video beredar di media sosial memperlihatkan surat suara Pemilu 2019 Indonesia di Selangor, Malaysia, dalam keadaan tercoblos untuk pasangan capres dan cawapres 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Sedangkan untuk surat suara pemilihan legislatif (pileg) DPRI RI, tercoblos untuk caleg nomor urut 03 atas nama Achmad dari Partai Nasdem. Surat suara tersebut disimpan dalam rumah toko (ruko) tak berpenghuni.
Terkait temuan itu, Komisioner Bawaslu, Fritz Edward Siregar, mengaku sudah menindaklanjuti dan meminta agar pemilihan di Malaysia dihentikan sementara. Hingga kini KPU masih menyelidiki temuan tersebut.
"Sudah ada informasi, tapi tidak bisa kami jelaskan itulah kenapa kami merasa perlu mengirim tim kesana dalam rangka memastikan informasi itu dapat dipertanggungjawabkan dan akurat begitu," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Kantor KPU Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/4).
ADVERTISEMENT
Video
2. Danau Sentani Tercemar
Warga merapikan kursi gereja yang terendam banjir akibat meluapnya Danau Sentani dampak dari banjir bandang Sentani di Kampung Yoboi, Danau Sentani, Sentani, Jaya Pura, Papua. Foto: Antara/Zabur Karuru
Usai bencana banjir bandang Danau Sentani yang melanda Kota Jayapura, Papua, pada 18 Maret 2019, air di danau tersebut tercemar. Akibatnya, warga yang berada di pengungsian terserang batuk, sakit tenggorokan, diare dan penyakit kulit karena mengonsumsi air dari Danau Sentani.
Menanggapi hal itu, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura menyebut sudah mendistribusikan air bersih ke 18 kampung terdampak bencana banjir Danau Sentani. Namun, rusaknya pipa inti PDAM di Pos 7 menjadi kendala saat mendistribusikan air bersih.
“Kami menyebarkan 30 tandon air berkapasitas 1.100 liter kepada warga yang sampai saat ini rumahnya masih terendam luapan air Danau Sentani. Sampai saat ini masih proses perbaikan (pipa),” kata Direktur Utama PDAM Jayapura, Entis Sutisna, Kamis (11/4).
ADVERTISEMENT
3. Anggota KPU Yogyakarta Dipecat Karena Cabul
Ilustrasi pelecehan seksual Foto: Shutterstock
Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta, RM Nufrianto Aris Munandar, diberhentikan secara tidak hormat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) lantaran terbukti melakukan pelecehan seksual kepada salah satu anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada awal April 2018 dan baru diketahui Desember 2018.
Diketahui korban pernah menumpang mobil Nufrianto, tiba-tiba Nufrianto mencium paksa korban berulang kali. Bahkan, Nufrianto melepas celana korban dengan paksa hingga ikat pinggangnya terputus. Tak sampai di situ, Nufrianto pun sempat mengajak korban untuk berhubungan badan dan mengirimkan video yang tidak senonoh pada korban melalui Whatsapp. Selanjutnya, korban memblokir Nufriantor. Merasa kesal karena diblokir, Nufrianto lantas mengunggah foto bekas ciuman di leher korban ke akun Line dan Facebook pribadinya.
ADVERTISEMENT
“Teradu justru memanfaatkan relasi kuasa sebagai atasan untuk memperdaya korban dengan cara melawan hukum berupa tindakan pelecehan dan kekerasan seksual,” kata Ketua DKPP, Harjono, Kamis (11/4).
4. Bayi Lahir Tanpa Anus di Polewali Mandar
Fadil, bayi lahir tanpa anus Foto: Dok. Sulbar Kini
Bayi berusia dua bulan bernama Muhammad Fadil terlahir tanpa anus. Putra dari pasangan suami istri Saleh (25) dan Ecce (24), warga Lingkungan Jambu Tua, Kelurahan Darma, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, ini seharusnya menjalani operasi lubang anus. Karena keterbatasan biaya, Fadil pun tidak bisa dioperasi.
Kini, sebagai pengganti anus, ibunda Fadil, Ecce, menempelkan kantong plastik khusus di perut Fadil yang berfungsi untuk membuang kotoran. Ayah Fadil, Saleh, bekerja sebagai buruh pasir dengan upah Rp 30 rupiah per hari. Mereka tinggal di rumah sederhana terbuat dari kayu yang dibangun di atas tanah pinjaman milik warga setempat. Meski hidup dalam keterbatasan, Saleh mengaku tetap semangat menghidupi keluarga dan berharap Fadil bisa segera dioperasi.
ADVERTISEMENT
"Rencana mau dibawa ke Makassar untuk menjalani operasi, namun karena keterbatasan biaya sehingga tidak jadi. Semoga saja ada donatur yang bersedia membantu operasi anak saya," ujar Saleh.
5. Presiden Sudan, Omar al-Bashir, Berhasil Digulingkan
Presiden Sudan, Omar al-Bashir. Foto: AFP/ASHRAF SHAZLY
Presiden Sudan, Omar al-Bashir, dilaporkan telah berhasil digulingkan. Beberapa pejabat turut ditangkap. Insiden ini merupakan puncak dari protes ribuan orang yang berujung bentrok dan memakan korban jiwa sejak Desember 2018. Rakyat mengeluhkan krisis ekonomi dengan harga bahan bakar yang tinggi dan jumlah uang yang terbatas.
Meski belum ada konfirmasi resmi mengenai laporan ini, angkatan bersenjata Sudan mengatakan akan segera memberi pengumuman penting. Walau belum ada kejelasan, namun euforia masyarakat di Khartoum sudah terlihat. Radio dan televisi memainkan musik-musik patriotik.
ADVERTISEMENT
"Negara telah jatuh, kita menang," teriak seorang demonstran di luar Kementerian Pertahanan, lokasi ribuan orang berkumpul.
---
Ikuti Rangkum edisi lainnya di sini
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan