• 2

USER STORY

Rangkum 13 Juli 2018: Zohri

Rangkum 13 Juli 2018: Zohri


Di tengah ingar-bingar Piala Dunia 2018, Sang Merah Putih berkibar di Negeri Seribu Danau, Finlandia. Lalu Muhammad Zohri (18), remaja asal Lombok mengharumkan nama Indonesia setelah menjadi juara dunia pada final nomor lari 100 meter putra dalam kejuaraan IAAF World Championship U-20 di Kota Tempere, Finlandia. Di dalam negeri, pemerintah akhirnya dapat mengambil alih 51 persen saham PT. Freeport Indonesia.
Selain itu, ada dua peristiwa penting lainnya yang termuat dalam Rangkum edisi ini. Berikut ulasannya.
1. Lalu Muhammad Zohri, Sang Juara Dunia Lari 100 Meter dari Indonesia

Pelari Indonesia, Lalu Muhammad Zohri

Pelari Indonesia, Lalu Muhammad Zohri (tengah) menjadi juara dunia lari 100 M untuk U-20. (Foto: Stephen Pond/Getty Images for IAAF)
Rabu (11/7) menjadi hari paling berkesan bagi Lalu Muhammad Zohri dan Indonesia. Remaja berusia 18 tahun asal Lombok itu menjadi juara dunia dalam final nomor lari 100 meter putra pada kejuaraan IAAF World Championship U-20 yang berlangsung di Kota Tempere, Finlandia. Zohri berhasil finis dengan catatan waktu 10,18 detik dan mengalahkan dua pelari Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison, yang masing-masing finis di urutan kedua dan ketiga.
2. Bos Freeport: Pemerintah Perpanjang Operasi Freeport Sampai 2041

McMoRan Inc Richard C. Adkerson

McMoRan Inc Richard C. Adkerson. (Foto: REUTERS/Brendan McDermid)
Setelah melewati negosiasi yang panjang, pemerintah Indonesia akhirnya dapat mengambil alih 51 persen saham PT. Freeport Indonesia (PTFI). Chief Executive Officer (CEO) Freeport McMoran Inc., Richard Adkerson, mengatakan pihaknya dan pemerintah Indonesia juga telah menyepakati hak operasi PTFI yang diperpanjang hingga 2041.
Head of Agreement divestasi saham PTFI tersebut dilakukan pemerintah melalui induk holding BUMN tambang, PT. Inalum dengan Freeport McMoran Inc., PTFI, dan Rio Tinto. Dari 51 persen saham PTFI yang diambil alih, 41 persen akan dipegang oleh pemerintah melalui PT. Inalum, sementara 10 persen sisanya menjadi hak Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten Mimika.
3. Yan Yan Sunarya, Doktor Batik Sunda Pertama Dunia dari ITB

Yan Yan Sunarya, Dokter Batik Sunda

Yan Yan Sunarya saat mengisi seminar. (Foto: Dok. Yan Yan Sunarya)
Eksistensi batik Indonesia di mata dunia memang tak lepas dari apresiasi anak bangsa pada budayanya, termasuk Batik Sunda. Yan Yan Sunarya (48), doktor dari ITB inilah sosok di balik mulai dikenalnya Batik Sunda. Penulis buku Batik Digitalisasi Motif Kreatif dalam Gaya Desain Dunia ini dijuluki sebagai "The First Doctor in Sundanese's Batik" oleh @koreanUpdates pada tahun 2016.
Perkenalan Yan Yan pada Batik Sunda dimulai ketika ia diamanatkan oleh promotor akademiknya untuk mengangkat Batik Sunda sebagai topik penelitian studi doktoralnya. Menurutnya, Batik Sunda memiliki keunikan pada konsep estetik ragam hias yang mengandung filosofi dari budaya Sunda.
4. 200 Orang Tewas dalam Banjir dan Longsor di Jepang

Banjir Melanda Jepang

kondisi Okayama, Jepang yang terendam banjir. (Foto: Mandatory credit Kyodo/via Reuters)
Dilansir dari Reuters, Kamis (12/7), jumlah korban tewas akibat bencana banjir dan longsor yang melanda Jepang bagian barat sudah mencapai 200 orang. Berdasarkan keterangan pers Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Osaka, ada seorang warga Indonesia yang turut menjadi korban, namun hanya mengalami luka ringan.
Kepala Sekretaris kabinet Jepang, Yoshihide Suga, mengatakan fokus utama pemerintah adalah mengurangi risiko bertambahnya korban. Salah satunya dengan mengatasi krisis air bersih yang terjadi pascabencana tersebut.
Baca terus Rangkum untuk berita-berita terpilih lainnya.

RangkumLalu Muhammad ZohriDivestasi SahamFreeportBencana Alam

presentation
500

Baca Lainnya