Bola & Sports
·
14 Januari 2021 8:55

Seberapa Penting Penggunaan Masker saat Berolahraga?

Konten ini diproduksi oleh Ratna Widia
Pandemi COVID-19 saat ini telah melanda dunia hampir selama 1 tahun sejak ditemukannya kasus pertama di Wuhan pada tanggal 31 Desember 2020. Sampai saat ini terdapat lebih dari 88.000.000 kasus terkonfirmasi dan lebih dari satu juta kasus meninggal akibat pandemi COVID-19. Di Indonesia sendiri per tanggal 8 Januari 2021 terdapat lebih dari 788.000 kasus positif dan lebih dari 23.000 kasus meninggal. Berbagai upaya telah dilakukan untuk memutus rantai penularan COVID-19 seperti, menggencarkan gerakan 3M (menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker). Menjaga daya tahan tubuh juga merupakan hal yang perlu dilakukan agar terhindar dari sakit karena dapat menurunkan risiko tertular COVID-19. Dewasa ini, banyak masyarakat yang melakukan olahraga di luar rumah sebagai upaya untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun, terdapat pertanyaan apakah ketika berolahraga di luar rumah wajib menggunakan masker ?
Seberapa Penting Penggunaan Masker saat Berolahraga? (81285)
Woman With White Sunvisor Running
Menggunakan masker saat berolahraga dapat mencegah dari penyebaran COVID-19, namun hal ini dapat mempengaruhi performa kita. Menurut World Health Organization (WHO), saat berolahraga tidak diharuskan menggunakan masker karena dapat mengurangi kemampuan bernapas dengan nyaman. Selain itu, keringat akan membuat masker mudah basah sehingga menyebabkan kesulitan bernapas dan mendukung dalam pertumbuhan mikroorganisme. Penggunaan masker saat berolahraga dapat mempengaruhi aliran udara dan dapat meningkatkan beban kerja dan detak jantung.
ADVERTISEMENT

Bagaimana jika terpaksa harus menggunakan masker ketika berolahraga ?

Terdapat dua hal yang dapat dilakukan ketika diharuskan untuk menggunakan masker ketika berolahraga, yaitu :
1. Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter
Hal ini perlu dilakukan jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang dapat berdampak pada kondisi pernapasan, terutama kondisi jantung. Dokter dapat memberikan rekomendasi yang disesuaikan dengan kondisi dan riwayat kesehatan Anda.
2. Pilihlah masker yang tepat untuk olahraga. Masker yang ada saat ini sangat beraneka macam jenis, namun terdapat masker yang sesuai untuk digunakan ketika berolahraga. Masker yang ideal untuk digunakan saat berolahraga harus memiliki syarat-syarat di bawah ini :
• Kemudahan bernapas: masker harus dibuat dari bahan padat namun ketika digunakan tidak menyulitkan dalam bernapas, contohnya adalah yang terbuat dari bahan 100% katun. Jika masker mengganggu Anda ketika beraktivitas normal seperti berjalan, maka itu bukanlah masker yang ideal.
ADVERTISEMENT
• Sesuai dengan ukuran wajah: masker yang digunakan harus sesuai dengan ukuran wajah, yaitu menutupi hidung dan mulut serta tidak bergeser ketika Anda berpindah tempat.
• Mudah dibersihkan : masker harus dapat dibersihkan setiap saat digunakan. Masker sekali pakai bukanlah yang ideal untuk olahraga dikarenakan mudah kotor oleh keringat.

Lantas, bagaimana cara terbaik untuk berolahraga saat pandemi COVID-19 ?

Cara terbaik untuk berolahraga selama pandemi COVID-19 yaitu dengan menggunakan masker atau membawa masker cadangan, berolahraga tidak saat jam sibuk, pilih jalan yang jarang dilalui oleh orang banyak, dan menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) tahun 2020 merekomendasikan untuk tidak memakai masker selama aktivitas berintensitas tinggi seperti berlari jika hal itu menyebabkan kesulitan bernapas. Jika mengalami gejala sesak napas, nyeri dada, dan pusing ketika berlari, maka berhentilah berlari, menjauh dari orang lain, dan lepaslah masker. Jika masker basah karena keringat atau air liur, disarankan untuk menggantinya dengan hati-hati selama latihan dan jangan lupa untuk membersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik menggunakan setidaknya 60% alkohol setelah menyentuh atau melepasnya.
ADVERTISEMENT

Bagaimana jika ingin minum saat berolahraga ?

Apabila ingin minum saat berolahraga, maka perta pastikan kamu pindah ke tempat yang jauh dari orang lain. Kedua, cuci tangan terlebih dahulu atau gunakan hand sanitizer. Ketiga, lepaskan masker dari wajah dengan cara pegang hanya pada talinya untuk menghindari kontaminasi dengan bakteri. Setelah melepaskan masker, gunakan handsanitizer untuk membersihkan tangan, kemudian minumlah untuk menghilangkan rasa dahaga. Setelah selesai minum, jangan lupa untuk menggunakan kembali masker Anda.
Jadi, bagi Anda yang hobi berolahraga, apalagi saat ini pandemi COVID-19 belum berakhir, maka tetaplah memakai masker sesuai dengan ketentuan yang dianjurkan, agar olahraga tetap dilakukan dengan aman dan nyaman. Selain itu, penting untuk menjaga jarak fisik minimal 1 meter dari orang lain dan rajin mencuci tangan dengan benar untuk memperlambat penyebaran virus. Apabila Anda merasa tidak sehat, maka tetap berada di rumah dan periksa rekomendasi pemerintah untuk panduan.
ADVERTISEMENT