kumplus- Opini Chris Wibisana- anak muda healing

Healing, Bos!

Mahasiswa S1 Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia dan Kontributor Reguler Tirto.ID. Sosialis Demokrat. Pengagum Mahbub Djunaidi, Pramoedya Ananta Toer, Yap Thiam Hien, dan P.K. Ojong.
10 Mei 2022 11:16
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Adalah seorang mahasiswa angkatan 2021, sebut saja Mawar, mengeluh melalui fitur story media sosialnya. Tulisan putih dengan latar biru itu cukup panjang, dengan 99 persen isinya adalah keluhan, sedangkan 1 persen sisanya adalah taburan vetsin melankolis agar cerita itu bisa sebelas-dua belas dengan adegan Ratapan Anak Tiri.
Mawar mengaku, ia sama sekali tidak menyangka alangkah berat jadi mahasiswa. Ia menjabarkan: saat baru memulai semester satu, dia mendapat tugas dan materi yang sangat banyak sampai kehilangan waktu untuk menghibur diri, kehilangan waktu berleha-leha menonton Netflix, teman-teman lama yang sibuk dengan kegiatannya sendiri-sendiri, sampai orang tuanya yang (menurutnya) tidak memahami makna kesehatan mental, bahkan menyebut Mawar sebagai anak manja. Pamungkas keluhan itu ialah keinginan Mawar untuk ambil cuti enam bulan dari kuliah, hanya untuk healing.
Enam bulan, Saudara-saudara! Tidak kurang! Bayangkan, kalau Anda menancapkan setengah kuintal tunggul ketela genjah di hari pertama Mawar memulai healing, Anda sudah siap mengundang orang sekelurahan mengudap bertampah-tampah combro, getuk, ketimus, peuyeum, dan menenggak berpanci-panci kolak singkong sampai begah saat Mawar menyelesaikan liturgi healing-nya itu.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparanPLUS
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparanPLUS
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
check
Bebas akses di web dan aplikasi
Kendala berlangganan hubungi [email protected] atau whatsapp +6281295655814
Konten Premium kumparanPLUS
Seandainya Chris Wibisana yang jadi rektor Untirta, semua yang terlibat di kepanitiaan saya bekukan status kemahasiswaan mereka selama satu semester. Kolom Koh Asbun, Chris Wibisana, di @kumparanplus.
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten