kumparan
10 Jan 2019 19:20 WIB

4 Ramuan dari Pepaya yang Bisa Atasi Jerawat

PortalMadura.Com - Semua wanita pasti ingin mempunyai kulit wajah yang bersih, putih, kinclong dan bebas jerawat. Oleh karena itu, mereka melakukan berbagai cara untuk mendapatkan hal itu. Mulai dari perawatan kecantikan di rumah dengan produk-produk yang ada di pasaran atau bahkan melakukan perawatan di salon.
ADVERTISEMENT
Masalah jerawat memang membuat tidak nyaman. Timbulnya hal itu biasanya ditandai dengan benjolan kecil yang kadang juga menimbulkan rasa sakit. Hal itu disebabkan pori-pori tersumbat dengan minyak berlebih, dan kotoran, hingga akhirnya menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri dan menyebabkan jerawat.
Namun ada cara alami yang bisa Anda lakukan, yaitu menggunakan buah pepaya yang sudah diketahui bermanfaat sebagai anti inflamasi dan juga membantu mengobati jerawat dengan mengurangi kemerahan dan peradangan kulit. Berikut ramuan pepaya yang bisa Anda coba sendiri di rumah:
Pepaya dan Madu
Menggunakan madu alami akan membunuh bakteri penyebab jerawat, hingga melembabkan kulit. Kandungan antioksidan, mikroba dan juga anti jamur pada madu dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dari bintik merah, infeksi kulit sampai menyembuhkan luka.
ADVERTISEMENT
Kupas setengah porsi pepaya dan potong kecil-kecil, lalu tambahkan buah tersebut dan tuangkan madu dengan takaran yang seimbang ke dalam blender. Campurkan semua bahan-bahan tersebut sampai menjadi pasta yang halus.
Oleskan pada seluruh wajah atau hanya daerah yang terdapat jerawat. Diamkan sekitar 40-45 menit, kemudian Anda dapat mencucinya menggunakan air biasa.
Pepaya dan Sari Cuka Apel
Cuka sari apel membantu menyeimbangkan tingkat pH dengan demikian mengobati peradangan pada kulit. Hancurkan pepaya yang sudah matang, tambahkan sedikit air putih, dan cuka sari apel dengan takaran yang pas, aduk semua bahan hingga terbentuk pasta yang halus.
Siapkan kain tipis yang lembut, lalu rendam pada air hangat, peras terlebih dahulu, taruh pada bagian wajah atau tubuh yang berjerawat. Oleskan pasta buah pepaya tadi diatas kainnya, biarkan hingga meresap dan kering selama 20 menit. Bilas menggunakan air biasa saja, semua bisa Anda lakukan 2 kali dalam seminggu.
ADVERTISEMENT
Baca Juga: 
Pepaya dan Jeruk Orange
Jeruk ini bertindak sebagai astringen alami yang membantu mengendalikan kelebihan minyak berlebih pada kulit. Masukan 2 sendok makan pepaya yang sudah dihaluskan, lalu campurkan 1 sendok makan jus jeruk ke dalam mangkuk bersih.
Setelah pasta itu tercampur rata, oleskan pada bagian yang berjerawat, dan diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air biasa, lalu keringkan dengan tisu atau handuk lembut.
Pepaya dan Minyak Cendana
Minyak cendana berkerja sebagai eksfoliator yang sangat baik dan juga, mendetoksifikasi kulit Anda. Siapkan buah pepaya matang untuk dibelender, lalu tambahkan juga 1 sendok minyak cendana dan madu alami.
ADVERTISEMENT
Cukup diamkan selama 15 menit, bilasnya dengan air biasa, lakukan dengan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. (okezone.com/Desy)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan