Entertainment
·
21 September 2020 18:32

6 Alasan Pelukan Baik untuk Kesehatan

Konten ini diproduksi oleh Relationship Goals
6 Alasan Pelukan Baik untuk Kesehatan (21335)
Ilustrasi (Unsplash)
Bukankah luar biasa rasanya memiliki seseorang yang dapat kamu peluk untuk menghilangkan stres? Dalam kekacauan hidup, tidak ada yang terasa lebih baik daripada memiliki seseorang di sisimu untuk dipeluk secara ekstensif. Sentuhan adalah sesuatu yang tidak dapat kita abaikan karena langsung meningkatkan mood dan membuat kita merasa terlindungi. Para ilmuwan pun telah menemukan bahwa ada banyak manfaat kesehatan dari berpelukan.
ADVERTISEMENT
Tidak diragukan lagi bahwa pelukan memberikan perasaan keterhubungan dan dukungan sosial yang tiada duanya. Dilansir dari Pink Villa, pelukan memicu otak untuk memproduksi bahan kimia seperti dopamin dan serotonin, yang memberikan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, menjaga berat badan ideal, dan meningkatkan kekuatan kognitif. Tidak percaya? Berikut adalah enam alasan yang didukung oleh sains mengapa kamu harus melakukan lebih banyak pelukan.
6 Alasan Pelukan Baik untuk Kesehatan (21336)
Ilustrasi (Unsplash)
1- Menurut National Library of Medicine, berpelukan dapat meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah penelitian membandingkan 200 orang dewasa dan menemukan bahwa kelompok yang berpegangan tangan dan berpelukan menunjukkan penurunan tekanan darah yang lebih besar daripada mereka yang duduk diam dalam waktu yang sama.
2- Menurut penelitian, pelukan adalah cara yang bagus untuk menunjukkan dukungan kepada seseorang yang sedang melalui masa sulit. Ini mengurangi stres orang yang sedang dihibur serta orang yang melakukan penghiburan.
ADVERTISEMENT
3- Karena mengurangi stres, ini dapat melindungimu dari penyakit dan mengurangi kemungkinanmu untuk sakit.
6 Alasan Pelukan Baik untuk Kesehatan (21337)
Ilustrasi (Unsplash)
4- Ada zat kimia yang disebut oksitosin dalam tubuh yang berhubungan dengan kebahagiaan dan mengurangi stres. Para ilmuwan telah menemukan bahwa hormon ini meningkat saat kita berpelukan atau melakukan sentuhan. Hal ini membantu mengurangi tekanan darah dan stres.
5- Efek positif lain dari berpelukan adalah membantu mereka yang memiliki harga diri rendah. Seharusnya tidak mengherankan bahwa berpelukan itu menenangkan dan bahkan dapat membantu mengurangi ketakutan orang tentang keberadaan mereka.
6- Sentuhan adalah cara terbaik untuk berkomunikasi satu sama lain. Pelukan adalah jenis sentuhan yang sangat menghibur menyentuh jiwa.