kumparan
search-gray
Bisnis21 Februari 2018 8:07

Ternak Cacing Sutera Tanpa Lumpur, Cara Modern Budidaya Cacing Paling Mudah

Konten kiriman user
Ternak Cacing Sutera Tanpa Lumpur, Cara Modern Budidaya Cacing Paling Mudah (41)
Cacing sutera (Tubifex), sering juga disebut cacing rambut atau cacing darah merupakan cacing kecil seukuran rambut berwarna kemerahan dengan panjang sekitar 1-3 cm, dengan tubuh berwarna merah kecoklatan dengan ruas-ruas. Berbeda dengan saudaranya cacing tanah yang memiliki ukuran lebih besar dan memiliki kalung dibagian tubuhnya. Cacing ini hidup dengan membentuk koloni di perairan jernih yang kaya bahan organik. Di alam cacing ini biasa ditemukan digot atau saluran air yang mengandung banyak lumpur dan sampah organik atau dipinggir sungai yang memliki tekstur tanah yang lembut.
ADVERTISEMENT
Meski cacing sutera identik hidup di perairan bersih, namun cacing tetap membutuhkan lumpur lumpur basah untuk berkembang biak, seperti mencari makan dan bertelur. Tapi era modern ini ada usaha ternak cacing sutera tanpa lumpur terbaru yang bisa menjadi peluang usaha modal kecil menguntungkan. Sebab di nilai lebih praktis. Alasan kenapa menggunakan media tanpa lumpur adalah cacing hidup di alam cari makan sendiri, mengandalkan lingkungan. Sedangkan budidaya tentu peternak yang menyediakan makanan cacing setiap hari. Jadi tidak perlu khawatir cacing mati dan tidak beradaptasi.
Cacing sutera banyak dibudidayakan karena memiliki manfaat antara lain sebagai bahan baku obat dan kosmetik, bahan baku pakan ternak ayam, bebek dan ikan. Namun peternak cacing sutera lebih mengarah pada pakan ternak dan ikan.Pada penerapan budidaya cacing sutera sederhana atau konvensional media pertumbuhan yang digunakan adalah media lumpur dengan air yang jernih. Tempat yang dihunakan sangat sederhana dari yang menggunakan nampan, ember, terpal plastik sampai teknik modern, namun pada intinya adalah bagaimana cacing sutera ini tumbuh dan berkembang biak dengan baik agar kita lekas panen dan kita jual.
ADVERTISEMENT
Tekni Ternak cacing sutera tanpa lumpur
Inti yang menjadi pembeda ternak cacing sutera tanpa lumpur adalah media dan tempatnya. Ketika media konvensional menggunakan lumpur tanpa air mengelir, namun pada terknik ini di lengkapi saluran pembuangan dan pemasukan air, agar air akan tetap diganti tiap harinya. Sehingga sesuai dengan habitat cacing sutera yang menyukai perairan jernih. Tinggal bagaimana kita memberi pakan yang tidak mengapung. Dengan media dan tempat pertumbuhan yang demikian, usaha betrrnak cacing sutera bisa dilakukan dengan mudah dan tidak mengeluarkan modal yang besar.
Usaha cacing sutera cocok dijalankan bagi anda yang memiliki lahan kosong dirumah dan dijadikan sebgai usaha sampingan yang menguntungkan.Selain media yang digunakan gratis, pakan cacing juga gratis, karena cukup menggunakan limbah organik cacing bisa tilumbuh dengan baik. Tentu usaha ini murah meriah dengan operasional hampir nol persen.
ADVERTISEMENT
Mengenai peluang kenapa bisa berpotensi menjadi bisnis untuk pakan ternak unggas dan ikan adalah cacing memliki protein yang tinggi, sangat baik untuk pertumbuhan ikan dan ayam agar cepat besar. Di dalam tubuh cacing sutera terkandung kira-kira 57% protein dan 13% lemak, yang oleh karena itu merupakan pakan yang baik untuk ikan, tidak terkecuali ikan yang dipelihara manusia seperti lele atau ikan hias.
Bagaimana kawan? Menarik bukan usaha ternak cacing sutera tanpa lumpur. Tidak usah bingung pemasarannya karena cacing sangat dibutuhkan untuk pakan. Anda bisa menyuplai peternakan yang ada sekitar anda atau ke dinas pembibitan ternak.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white