kumparan
8 Des 2018 13:59 WIB

Reza Permadi, Inovasi dalam Sosialisasi Mitigasi Bencana di Kota Palu

Reza Permadi. Laki-laki berusia 25 tahun yang menjadi Tim Peneliti Geologi Ekspedisi Sesar Palu-Koro, saat ini sudah selesai melakukan penelitian tahap II terkait Mitigasi Bencana di Sulawesi Tengah. Yang dilakukan Reza adalah mencari tahu keberadaan Jalur Sesar Palu-Koro yang melintas di Kota Palu dan Kab. Sigi agar bisa menjadi bahan rujukan untuk Pengurangan Resiko Bencana dan Revisi Tata Ruang Wilayah Kota Palu dan Kab. Sigi di kemudian hari.
ADVERTISEMENT
"Akibat dari peristiwa alam 28 September 2018 yang terjadi di Palu, Sigi dan Donggala adalah terjadinya pergeseran daratan di jalur sesar palu-koro dengan pergeseran mengiri (ke arah kiri) sejauh maksimum 5,52 meter. Jalur sesar palu-koro sudah di petakan dan kami sangat menghimbau agar jalur sesar itu dapat diketahui oleh Masyarakat dan Peristiwa Alam 28 September juga dapat selalu di ingat." tutur Reza.
Demi menghimbau informasi terkait sesar palu-koro dan merawat ingatan masyarakat tentang peristiwa alam 28 September 2018 yang terjadi di Palu, Sigi dan Donggala, Reza berupaya untuk melakukan sosialisasi mitigasi bencana dengan cara yang inovatif, yakni dengan memasang papan/ rambu yang bertuliskan SESAR PALU-KORO di beberapa titik yang tepat berada di atas jalur sesar. Papan/ rambu tersebut didesain sederhana, dilengkapi dengan QR Code yang apabila dipindai menggunakan scanner pada smartphone akan berisikan informasi tentang Sesar Palu-Koro yang mencakup Penjelasan, Sejarah hingga Rekomendasi Mitigasi.
ADVERTISEMENT
Reza mengatakan "Hingga saat ini sudah ada tiga buah papan/ rambu yang dipasang, sebelum memasang papan tersebut, kami meminta izin terlebih dahulu dengan Masyarakat, dan tenyata respon Masyarakat sangat baik, mereka tidak merasa terancam tetapi justru merasa diperingatkan, papan tersebut juga ternyata dijadikan tempat selfienya Masyarakat".
Lokasi papan-papan tersebut berada di Palu dan Sigi, lebih tepatnya berada di:
  1. Jl. Cemara (Donggala Kodi)
  2. Palu Grand Mall Jl. Diponegoro (Lere)
  3. Jl. Pue Bongo II (Pewunu)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan