Membangun Kembali Semangat Belajar Anak Pasca Pandemi Bersama Mahasiswa UPI

Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia
Konten dari Pengguna
6 Agustus 2022 21:41
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Rifalni Saeful Pratiwi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kegiatan belajar CALISTUNG di SD Negeri Cipaku 4 Kota Bogor bersama mahasiswa UPI Bandung
zoom-in-whitePerbesar
Kegiatan belajar CALISTUNG di SD Negeri Cipaku 4 Kota Bogor bersama mahasiswa UPI Bandung
ADVERTISEMENT
Perubahan yang diakibatkan pandemi COVID-19 dirasakan diberbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk dunia pendidikan. Dampak adanya pandemi tersebut dalam dua tahun terakhir mengakibatkan terhentinya sementara aktivitas kegiatan belajar mengajar di sekolah, namun siswa dan guru masih tetap bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar tersebut secara daring atau online. Dampak pandemi COVID-19 merupakan ihwal baru yang menjadi tantangan bersama bagi masyarakat dunia dalam membenahi perubahan yang telah terjadi.
ADVERTISEMENT
Pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang di gelar oleh Universitas Pendidikan Indonesia tahun 2022 dengan mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDGs Desa dan MBKM” memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan masyarakat sesuai dengan tujuan SDGs yang berbeda.
Sustainable Development Goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan merupakan agenda dunia untuk menjaga dan meningkatkan berbagai aspek kehidupan manusia secara berkesinambungan. SDGs memiliki 17 indikator tujuan yang telah disepakati oleh 193 negara di seluruh dunia. Salah satu tujuannya yaitu Pendidikan Berkualitas.
Melalui kegiatan KKN Tematik UPI 2022, kelompok KKN 112 wilayah Bogor Selatan, melakukan pengabdian dengan tema tujuan SDGs yaitu Pendidikan Berkualitas di Kelurahan Cipaku, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat dalam rangkaian kegiatan yang dimulai pada bulan Juli 2022 dengan mengusung program yang bertemakan “Cipaku CERDIK (Cerdas Mendidik)" yang bertujuan membangun kembali semangat belajar anak-anak di wilayah kelurahan Cipaku, khususnya di SD Negeri Cipaku 4 Kota Bogor dengan kegiatan belajar CALISTUNG, PAUD Saluyu RT.01/RW.03 dengan kegiatan Aktivitas Gerak Anak dalam Berolahraga, dan Revitalisasi Pondok Baca di Legok Muncang RW. 15 Cipaku, Bogor Selatan.
ADVERTISEMENT
Saat ini segala aktivitas sudah kembali normal seperti biasanya, namun tetap harus memperhatikan protokol kesehatan karena pandemi belum sepenuhnya usai. Berbagai intansi pendidikan pun sudah memulai kembali aktivitasnya secara offline, hal ini tentunya disambut antusias oleh para pelajar, tak terkecuali siswa/i SD Negeri Cipaku 4 Kota Bogor. Program Cipaku CERDIK (Ceras Mendidik) dibagi menjadi beberapa fokus kegiatan, salah satunya yaitu kegiatan “Aku Bisa CALISTUNG” yang dilaksanakan di SD Negeri Cipaku 4 Kota Bogor. Program tersebut bertujuan untuk membantu dan mendampingi siswa/i dalam belajar CALISTUNG (Membaca, Menulis, dan Berhitung).
Berdasarkan penuturan guru walikelas kelas 2 SD Negeri Cipaku 4 Bogor, Bu Ai mengatakan akibat terjadinya pandemi COVID-19 yang mengharuskan siswa/i belajar dirumah, ternyata efeknya dirasakan langsung oleh siswa/i kelas 2 ketika mereka belajar secara offline di sekolah. Banyak diantara siswa/i yang belum mahir membaca dan menulis dikarenakan kegiatan pembelajaran semester kemarin dilakukan secara tatap maya, tak jarang siswa mengikuti pembelajaran dengan tidak efektif.
ADVERTISEMENT
Siswa/i kelas 1 dan kelas 2 SD pada dasarnya membutuhkan bimbingan belajar secara langsung, namun terbatasnya akses pengawasan terhadap siswa/i membuat guru kesulitan untuk mengajarkan materi kepada anak, khususnya belajar membaca, menulis dan berhitung saat kegiatan belajar mengajar secara daring.
Kegiatan Aku Bisa CALISTUNG! dilaksanakan untuk mendampingi proses belajar tambahan setelah pulang sekolah bagi anak-anak yang belum mahir membaca, menulis, dan berhitung. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 minggu dengan 5 kali pertemuan. Siswa/i yang mengikuti kelas tambahan CALISTUNG berjumlah 35 siswa, yang terdiri dari 29 siswa kelas 2 dan 6 siswa kelas 3.
Semangat dan keceriaan siswa/i tersebut menghiasi setiap penjuru kelas ketika mahasiswa UPI Bandung datang dan memulai kegiatan pembelajaran, sehingga progress dan kemajuan siswa/i dalam belajarnya meningkat dengan cepat. Kegiatan ini pun mendapat dukung langsung dari kepala sekolah, guru-guru, dan orang tua murid. Banyak orang tua murid kelas 2 yang menuturkan banyak terima kasih karena telah membantu meningkatkan kemampuan belajar anak-anaknya. Seperti yang dikatakan oleh Bu Ai, selaku walikelas kelas 2 bahwa dukungan orang tua pun menjadi faktor utama keberhasilan anak dalam belajar.
ADVERTISEMENT
Kami tim Kelompok KKN 112 wilayah Bogor Selatan yang beranggotakan Rifalni Saeful Pratiwi, Annastasya Prima Nadia, Eva Septian Cahyani, dan Genic Rahma Destiani mengucapkan banyak terima kasih kepada Lurah Cipaku Bogor Selatan dan Kepala Sekolah SD Negeri Cipaku 4 Kota Bogor karena telah memberi dukungan penuh atas berjalannya program tersebut. Kami ucapkan terima kasih kepada Bu Dr. Cica Yulia, S.Pd.,M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan kelompok 112 atas bimbingan dan arahannya sehingga program KKN ini terlaksana dengan baik.
Foto bersama guru SD Negeri Cipaku 4 Kota Bogor
zoom-in-whitePerbesar
Foto bersama guru SD Negeri Cipaku 4 Kota Bogor
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020