KKN Mandiri, Mahasiswi Bantu Kembangkan UMKM Makanan Tradisional Pepes Pindang

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Untag Surabaya
Konten dari Pengguna
29 Juni 2022 14:05
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Rifka Astari Damyanti tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Dokumentasi Kegiatan KKKN. (Sumber: Rifka Astari Damyanti)
zoom-in-whitePerbesar
Dokumentasi Kegiatan KKKN. (Sumber: Rifka Astari Damyanti)
ADVERTISEMENT
Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu tugas wajib yang harus diselesaikan oleh seorang mahasiswa. Umumnya program ini dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masayarakat yang bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat melalui program kegiatan yang sudah dirancang sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Setiap tahunnya, kampus akan mengadakan program KKN bagi mahasiswa salah satunya yaitu Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dengan mengusung tema “Kebangkitan Ekonomi di Era Endemi”. Namun kali ini, program KKN masih dilaksanakan secara mandiri di wilayah domisili masing-masing selama 12 hari karena mengingat masa pandemi belum benar-benar berakhir.
Salah satu mahasiswi prodi Ilmu Komunikasi dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Rifka Astari Damyanti melaksanakan program KKN di daerah domisilinya, yakni Dusun Baruk, Kecamatan Arosbaya, Kota Bangkalan dengan topik kegiatan yang dilaksanakan adalah Digitalisasi UMKM Pepes Pindang milik Ibu Khotijah. Program KKN yang Rifka Astari Damyanti jalankan didampingi oleh Muhammad Yasin SE., MM selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).
Dokumentasi Kegiatan KKN. (Sumber: Rifka Astari Damyanti)
zoom-in-whitePerbesar
Dokumentasi Kegiatan KKN. (Sumber: Rifka Astari Damyanti)
Program kegiatan KKN tersebut dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh mitra. Di mana mitra kurang memahami pentingnya kualitas pelayanan yang baik, kurangnya inovasi pada produk, dan kurangnya pemahaman mitra terhadap pemasaran digital seperti melalui media sosial. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan selama program KKN dilakukan bersama mitra untuk membantu mengambangkan UMKM dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan penjualan produk. Kegiatan propgram KKN tersebut diantaranya yakni membantu membuatkan inovasi pada produk mitra, pembuatan konten produk mitra, membuatkan akun media sosial di platform media sosial Instagram, memberi pengarahan serta mendampingi dalam melakukan pemasaran produk, meningkatkan kualitas pelayanan usaha mitra, dan menambahkan variasi pada kemasan.
ADVERTISEMENT
Hasil dari program kegiatan KKN yang telak dilakukan diantaranya yakni mitra memiliki kemasan baru untuk produknya, memiliki desain logo yang dapat dicetak berupa sticker, mitra memiliki akun media sosial Instagram yang berguna untuk melakukan promosi, dan mitra mampu menerapkan arahan dalam melakukan peningkatan kualitas pelayan dan produk. Diharapkan dari kegiatan program KKN ini dapat membantu dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi mitra sehingga usaha miliknya dapat berkembang.
#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoKampus #KampusKompeten