• 0

6 Fitur Pengaman Uang Rupiah

6 Fitur Pengaman Uang Rupiah



00:00:00/00:00:00

Pahlawan "Baru" di Lembar Rupiah
Di penghujung tahun 2016, Pemerintah Indonesia mengeluarkan uang terbaru secara serentak baik untuk uang logam maupun uang kertas dari semua pecahan. Salah satu pertimbangan dalam mengeluarkan uang baru adalah pemalsuan uang. Demi menghindari hal tersebut, tentu harus diperhatikan fitur-fitur pengaman yang canggih sehingga Rupiah tidak bisa dipalsukan.
"Terkait pemalsuan Rupiah saya menginstruksikan agar keamanan Rupiah diperkuat agar jangan sampai kalah dengan pemalsu Rupiah," tegas Jokowi pada acara Pengeluaran dan Pengedaran 11 Pecahan Uang Rupiah Tahun Emisi 2016 (19/12).
Bank Indonesia mengklaim bahwa desain uang rupiah baru Tahun Emisi 2016 ini sangat sulit dipalsukan. Pasalnya, desain uang rupiah terbaru kini memiliki banyak pengaman khususnya untuk uang kertas. Berikut ini fitur-fitur canggih yang disematkan pada desain rupiah terbaru:
1. Color Shifting
Salah satu pengaman dari pemalsuan uang adalah color shifting yang menggunakan Optically Variable Inks. Color shifting memungkinkan terjadinya perubahan warna secara kontras sesuai dengan sudut pandang dan tingkat pencahayaan tertentu. Penggunaan color shifting ini merupakan fitur paling mudah dilihat oleh orang awam dalam menentukan keaslian uang.

Contoh Fitur Pengaman pada Rupiah

Contoh fitur pengaman pada Rupiah (Foto: Bank Indonesia)
2. Rainbow Feature
Pengembangan fitur berikutnya adalah rainbow feature yang memunculkan gambar tersembunyi beragam warna. Pada Rupiah terbaru, gambar yang muncul berupa nominal pecahan uang tersebut.
3. Latent Image
Latent image adalah gambar tersembunyi yang akan muncul pada tingkat pencahayaan tertentu. Pada Rupiah, hasil cetak berupa gambar tersembunyi logo BI di bagian depan, sedangkan pada bagian belakang bergambar angka nominal.
4. Ultra Violet Feature Level 2
Fitur pengaman sinar UV menggunakan fluorescent inks sehingga memunculkan pendar dua warna ketika terpapar sinar UV. Pada pencahayaan normal, tidak akan muncul perubahan atau gambar apapun.

Contoh Fitur Pengaman pada Rupiah

Contoh fitur pengaman pada Rupiah (Foto: Bank Indonesia)
5. Rectoverso
Berupa cetak ragam bentuk yang menghasilkan cetakan pada bagian muka dan belakang beradu tepat dan saling mengisi jika diterawangkan. Pada uang Rupiah, gambar yang muncul adalah logo Bank Indonesia.
6. Blind Code
Fitur kode tuna netra atau blind code dengan melakukan perubahan desain pada bentuk kode tuna netra berupa efek rabaan untuk membantu membedakan antar pecahan dengan lebih mudah. Fitur ini mempermudah identifikasi dan meningkatkan aksesibilitas uang Rupiah bagi penyandang tuna netra sesuai dengan amanat UU Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pengesahan Konvensi Mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas.
Sebagian besar fitur tersebut merupakan pengembangan teknologi sebelumnya. Fitur lainnya yang digunakan oleh Rupiah adalah watermark, benang pengaman, intaglio printing atau cetak dalam, kode keamanan dan tulisan mikro. Kamu tahu teknologi fitur pengaman lainnya?



Uang BaruKeuanganRupiah

500

Baca Lainnya