• 1

Diduga Bom, Ternyata...

Diduga Bom, Ternyata...



Ilustrasi bom (HL Landscape).

Ilustrasi bom. (Foto: Paul S.)
Teror dan bom di abad ke 21 ini semakin membuat kita ketakutan. Tingkat kewaspadaan akan meningkat kala melihat benda yang mencurigakan. Terlebih jika benda-benda tersebut tidak jelas asal-usulnya.
Berikut ini beberapa kejadian dugaan bom yang cukup menghebohkan:
11 Agustus 2013
Melihat benda berbentuk persegi panjang, terbungkus kardus melingkar dengan lakban hitam tentu saja membuat kita curiga. Apalagi ada rangkaian kabel tersambung dengan dua baterai besar di bagian ujungnya. Benda tersebut ditemukan di dekat Kantor Balai Desa Bacem, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Atas laporan warga, Tim Penjinak Bom dari Polres Blitar Kota pun diturunkan. Namun ternyata benda tersebut hanya berisi kain dan kertas.
13 Agustus 2014
Jelang pelantikan anggota DPRD Kabupaten Semarang periode 2014-2019, ditemukan sebuah tas ransel yang mencurigakan di area gedung pertemuan Dharma Bhakti Praja. Penemuan tas mencurigakan tersebut terjadi sekitar 30 menit sebelum acara pelantikan dimulai. Tas tersebut dicurigai berisi bom lantaran berbunyi saat dipindai menggunakan metal detector. Polisi yang bertugas menjaga keamanan acara pelantikan segera memeriksa isinya yang ternyata berisi empat sarung tangan karate dan stopwatch.
2 Oktober 2015
Seorang sopir taksi secara misterius mengirimkan sebuah kotak berukuran 25 cm x 20 cm ke Kantor Kementerian Agama Tangerang Selatan. Salah seorang staff pun curiga melihat kotak yang tak jelas asal-usul dan pemiliknya ini hingga menelepon polisi. Demi menjaga keamanan, diturunkan pasukan dari Polres Tangerang Selatan dan Tim Gegana Polda Metro Jaya. Setelah diperiksa, ternyata kotak tersebut berisi kamera.
24 Januari 2016
Seorang warga di Poso, Sulawesi Tengah, menemukan sebuah tas ransel mencurigakan di halaman rumah seorang warga. Mendapat laporan warga, Tim Gegana Polda Sulteng pun segera terjun ke lokasi untuk mengamankan tas. Demi menghindari resiko, ransel mencurigakan itu dijinakkan dengan cara diledakkan. Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata hanya berisi sejumlah pakaian dan sarung.
29 Januari 2016
Isu bom yang masih menghantui warga Medan membuat mereka lebih waspada. Melihat kotak kardus teronggok di samping Rumah Sakit Sundari, Jl. TB Simatupang, warga pun panik dan heboh. Demi menjaga keamanan masyarakat, Unit Reskrim Polsek Sunggal langsung turun ke lapangan. Setelah diperiksa, kotak kardus itu ternyata berisi ganja kering seberat 10 kilogram.
6 Maret 2016
Penemuan satu koper berisi amunisi dan bahan peledak di sebuah TPA membuat warga Kota Binjai semakin berhati-hati. Seorang warga yang melihat koper mencurigakan berwarna coklat di pelataran restoran cepat saji di Jl. Gagak Hitam Medan pun langsung menelepon polisi. Tim Penjinak Bom pun langsung menuju lokasi dan mengevakuasi koper dari pelataran parkir ke tengah jalan. Menggunakan alat X-Ray, seorang personil polisi menunjukan isi koper yang ternyata berisikan pakaian dan charger ponsel
Kita patut mengapresiasi gerak cepat para polisi yang sigap menanggapi laporan teror bom ini. Meskpun nyatanya benda-benda tersebut bukanlah bom, tapi rasa aman warga adalah nomor satu.

NewsBom

500

Baca Lainnya