• 0

Selain Santa Klaus, Ada Juga Krampus

Selain Santa Klaus, Ada Juga Krampus



Santa Klaus

Seorang pria mengenakan kostum Santa Klaus (Foto: Reuters)
Segala sesuatu memang ada pasangannya. Bentuk hubungan yang tercipta bisa beragam, seperti hubungan romantis, lawan dan atau saling melengkapi keberadaan. Ada perempuan dan laki-laki, ada baik dan buruk, ada Santa Klaus dan Krampus.
Meskipun begitu, selalu ada kemungkinan salah satu diantaranya menjadi wacana yang dominan sedang yang lain terasingkan. Tengok saja misalnya Santa Klaus yang begitu tenar meski tak semua meyakini dan menantikannya. Tapi, siapa yang kenal Krampus?
Sosok yang berasal dari mitologi Eropa ini merupakan rekan dari Saint Nicholas atau Santa Klaus. Jika Santa Klaus digambarkan sebagai sosok kakek berjenggot putih lebat, baik hati, senang memberi hadiah dengan tawanya yang khas 'hoho hoho ho'.

Krampus

Seorang pria mengenakan kostum Krampus (Foto: Reuters)

Maka Krampus berwujud kambing setengah iblis lengkap dengan tanduk dan gigi runcing yang menyeramkan. Krampus sendiri berasal dari Bahasa Jerman, krampen, yang berarti 'badut'. Sosok-sosok sejenis Krampus sebenarnya memiliki banyak sebutan. Sebut saja misalnya Knecht Ruprecht, Certa, Perchten dan Black Peter. Seperti halnya nama Santa Klaus yang juga dikenal dengan Sinterklaas atau Saint Nicholas di beberapa wilayah lain. Meski berbeda namun tokoh ini berbagi kesamaan.
Lalu Santa Klaus dan Krampus pun berbagi peran. Jika Santa Klaus bertugas untuk memberi hadiah bagi anak-anak yang berperilaku baik, maka Krampus akan menghukum mereka yang nakal.

Adegan Film Santa Klaus vs Krampus

Adegan film Santa Klaus vs Krampus, sumber: Youtube (Foto: Rina Nurjanah/kumparan)

Jadi selain keberadaan Santa Klaus, ada juga Krampus. Hubungan mereka bukanlah kisah yang romantis, namun eksistensinya saling melengkapi.

LifestyleLiburanNatalSanta Klaus

500

Baca Lainnya