Cover Story Review Manga Bung Rin

Rekomendasi Penambah Imun: Empat Manga Pilihan Bulan Juli

25% dari Otakubox
29 Juli 2021 19:08
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tidak dapat dimungkiri bahwa manga dalam satu dekade terakhir mengalami perkembangan yang signifikan, baik dari segi jumlah judul maupun jumlah penjualan. Contohnya banyak, mulai dari My Hero Academia (2014-sekarang) karya Kohei Horikoshi yang berkali-kali bercokol di puncak chart graphic novel di Amerika Serikat sampai dengan One Piece (1999-sekarang) yang mencetak sejarah sebagai komik dengan penjualan tertinggi sepanjang masa—melampaui karya internasional lainnya seperti Asterix dan Peanut.
Pertumbuhan pesat tersebut menunjukkan bagaimana manga semakin menjadi pilihan mainstream bacaan di seluruh dunia. Mulai dari karya-karya era Showa seperti Astro Boy (1963-1966), Akira (1982-1990), Mazinger Z (1972-1973), sampai karya-karya era Heisei saat industri manga Jepang telah berhasil menembus pasar internasional. Karya-karya era Heisei yang dimaksud misalnya One Piece, Dragon Ball, dan Naruto (1999-2014). Itu pun, mereka hanyalah sebagian kecil dari judul manga yang membanjiri pasar.
Judul yang melimpah tentunya akan membuat setiap orang memiliki preferensi tersendiri dalam memilih manga yang mereka konsumsi. Namun, meski banyak pilihan, pembaca kumparan+ tak perlu bingung. Dalam kesempatan ini saya, Rindradana dari Otakubox, akan memberikan beberapa rekomendasi sekaligus ulasan singkat atas beberapa manga yang menurut saya patut Anda simak.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparan+
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparan+
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
Bung Rin (@ponakannyaom) kasih review manga buat pembaca @kumparanplus! Di episode keempat ini, blio punya lima rekomendasi manga HOROR untuk menambah kehororan hidupmu. Penasaran? Langganan dipersilakan. Cuma di kumparanplus!