• 0

4 Terduga Teroris di Jatiluhur Berencana Beraksi di Malam Tahun Baru

4 Terduga Teroris di Jatiluhur Berencana Beraksi di Malam Tahun Baru



Lokasi Waduk Jatiluhur

Waduk Jatilihur dalam peta. (Foto: Google Maps)
Densus 88 menggerebek 4 orang terduga teroris di dua lokasi yang berdekatan di kawasan Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat. Polisi mengindikasikan mereka akan melakukan aksi terorisme pada hari Natal dan malam pergantian tahun baru.
"Para terduga teroris akan merencanakan aksi pidana terorisme pada hari raya Natal dan Tahun Baru 2017," ujar Kabag Mitra Divisi Humas Mabes Polri Kombes Awi Setiyono dalam keterangan tertulis, Minggu (25/12).
Awi mengatakan dua terduga teroris yang ditangkap di Desa Karang Layang, Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, saat digerebek Densus 88 sempat melawan menggunakan senjata tajam.
"2 Orang terduga teroris atas nama Rijal (29) dan Ivan Rahmat Syarif (28) saat akan ditangkap berusaha melawan petugas dengan menggunakan pisau pinggang, namun berhasil dilumpuhkan," kata Awi.

Kombes Awi Setiyono

Kabag Mitra Ropenmas Divisi Humas Polri Kombes Awi Setiyono (Foto: Aldis Tannos/kumparan)
Dari keterangan dua terduga teroris yang ditangkap itu, penggerebekan terus berkembang karena masih ada 2 orang lagi yang bersembunyi di kolam atau rumah apung Waduk Jatiluhur.
"Dari keterangan mereka masih ada 2 orang terduga teroris yang bersembunyi di kolam apung waduk Jatiluhur dengan persenjataan senjata tajam berupa golok," kata Awi.
Densus 88 bersama satuan Polair Polres Purwakarta Polda Jawa Barat kemudian menggerebek sebuah rumah apung tempat persembunyian 2 terduga teroris lainnya.
"Setelah diberi (tembakan) peringatan sebanyak 5 kali, mereka diminta untuk menyerahkan diri, namun seorang pelaku atas nama Abu Faiz keluar sambil membawa golok untuk menyerang petugas. Dia kemudian dilumpuhkan sehingga menyebabkannya tewas di tempat," jelas Awi.
Satu terduga teroris lainnya yang ada di dalam rumah apung rupanya ikut melawan menggunakan golok. Dia kemudian dilumpuhkan dan tewas di tempat. Pelaku ini atas nama Abu Sovi alias Abu Azis alias Mas Brow.
Dalam penggerebekan hari ini, dua terduga teroris tewas dan jasadnya dibawa ke RS Polri Kramat Jati. Dua terduga teroris yang ditangkap hidup dibawa ke Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.

Breaking NewsNewsDensus 88Teroris

500

Baca Lainnya