kumparan
17 Agustus 2017 6:44

5 Ribu Personel Kepolisian Jaga Kedutaan Besar saat HUT ke-72 RI

Kabid Humas Polda Metro Argo Yuwono (Foto: Jihad Akbar/kumparan)
Personel kepolisian bersiaga di hari peringatan ke-72 kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus hari ini. Ada sejumlah titik vital yang akan diamankan polisi sejak pagi.
ADVERTISEMENT
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono dalam keterangannya mengatakan, ada 5 ribu personel yang diturunkan khusus untuk mengamankan kedutaan besar yang tersebar di Jakarta. Tak hanya itu, personel dari sejumlah Polres di Jakarta juga diturunkan untuk mengamankan lokasi wisata, yang pasti akan ramai dikunjungi masyarakat hari ini.
"Pengamanan di kedutaan besar, ada 5 ribu personel untuk pengamanan, kemudian untuk Polres-polres mengamankan tempat wisata ada yang di Ancol, Ragunan, Kota Tua, Monas dan tempat perbelanjaan seperti mal. Kemudian ada juga orang lalu lalang di jalan umum, akan ada petugas lalu lintas," ujar Argo saat dihubungi, Rabu (16/8).
Ada sejumlah kawasan yang akan ditutup selama peringatan HUT ke-72 RI. Beberapa diantaranya adalah ruas jalan di sekitar kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.
ADVERTISEMENT
"Seharian tutup. Jadi kan dari pagi, ada rangkaian kegiatan, upacara, di situ kan ada tempat nyanyi-nyanyi, itu mau ditaruh di mana toh? Mau taruh di mana. Tapi kalau itu sudah selesai, akan dibuka (ruas jalan)," jelas Argo.
Meski begitu, Argo belum mendapatkan informasi tentang pelaksanaan pawai sambut HUT RI di Jalan Utama Jakarta.
"Kami belum dapat informasi soal itu," ucap Argo.
Sejak pagi, sejumlah ruas jalan di sekitar Istana Merdeka telah ditutup. Beberapa ruas jalan yang berdekatan dengan kompleks Istana Kepresidenan juga dialihkan.
Berikut pengalihan arus saat perayaan HUT ke-72 RI di kawasan Jakarta Pusat dan sekitarnya:
1. Bundaran Air Mancur belok kiri ke arah Jalan Budi Kemulyaan - Jalan Abdul Muis, Jalan Majapahit - Harmoni dan seterusnya.
ADVERTISEMENT
2. Bundaran Air Mancur belok kanan ke arah Jalan Medan Merdeka Selatan - Jalan Medan Merdeka Timur
3. Dari Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Harmoni/Kota - Bundaran Air Mancur - Jalan Budi Kemuliaan - Jalan Abdul Muis - Jalan Majapahit - Harmoni dan seterusnya.
4. Traffic Light Jalan Budi Kemuliaan menuju jembatan serong belok kiri - Jalan Kebon Sirih - Jalan MH Thamrin dan seterusnya.
5. Pertigaan Pertamina Jalan Medan Merdeka Timur - Jalan Perwira - Jalan Lapangan Banteng - Jalan Pejambon - Jalan Medan Merdeka Timur - Tugu Tani - Jalan Ridwan Rais - Jalan Medan Merdeka Selatan - Bundaran Air Mancur dan seterusnya.
6. Traffic Light Harmoni menuju Jalan Ir H Juanda - Pintu Air - Jalan Pos - Jalan Lapangan Banteng - Jalan Pejambon - Jalan Medan Merdeka Timur - Tugu Tani - Jalan Medan Merdeka Selatan dan seterusnya.
ADVERTISEMENT
7. Arus dari arah Stasiun Kota yang mengarah ke Harmoni dialihkan ke kiri di Traffic Light Olimo , Mangga Besar, Gunung Sahari ke Jalan Wiryo Pranoto, Pecenongan, Samanhudi
8. Arus dari arah Stasiun Kota mengarah ke Harmoni diarahkan ke kanan ke Jalan Zainul Arifin.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan