• 0

Belum Ditemukan Keterlibatan Pihak Lain dalam Penembakan Dubes Rusia di Turki

Belum Ditemukan Keterlibatan Pihak Lain dalam Penembakan Dubes Rusia di Turki




Gestur Seorang Pria Setelah Menembak Dubes Rusia untuk Turki Andrei Karlov

Gestur Seorang Pria setelah menembak Dubes Rusia untuk Turki Andrei Karlov di sebuah galeri seni di Ankara (Foto: Burhan Ozbilici/AP)
Pejabat senior Turki mengatakan polisi yang menembak mati duta besar Rusia sepertinya beraksi sendirian. Dari investigasi gabungan yang dilakukan Rusia dan Turki, belum ditemukan adanya pihak lain di balik penembakan tersebut.
Tim investigasi Rusia tiba di Ankara pada Selasa (20/12) dan langsung menuju ke galeri seni tempat dubes Andrei Karlov ditembak mati oleh Mevlut Mert Altintas. Dilansir AP, Rabu (21/12), pejabat senior tersebut mengatakan penembakan dilakukan secara profesional dan telah direncanakan dengan matang.

Penembakan Dubes Rusia untuk Turki

Mevlut Mert Altintas berseru simpati terhadap Aleppo dan Suriah beberapa saat setelah menembak mati Duta Besar Rusia untuk Turki. (Foto: Hasim Kilic/Hurriyet - REUTERS)
Hingga saat ini otoritas keamanan Turki belum dapat merilis sejumlah informasi mengenai investigasi ataupun motif di balik penembakan yang dilakukan Altintas. Perdana Menteri Turki Binai Yildirim mengatakan hubungan antara Rusia dan Turki tak rusak akibat kejadian ini.
"Relasi yang baik akan terus berlanjut, tak ada satupun kejadian dapat merusak hubungan ini. Kami akan terus berusaha menciptakan stabilitas di wilayah tersebut," ujar Yildirim dalam pidatonya di Istanbul saat pembukaan terowongan jalan raya di bawah Bosporus.

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Foto: Reuters/Umit Bektas)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan dia dan presiden Rusia Vladimir Putin dalam sambungan telepon mengatakan kedua pihak sepakat kalau aksi ini adalah 'provokasi secara terbuka'. Sehingga investigasi gabungan kedua negara diperlukan untuk menyelidiki motif kematian dubes Karlov.

Pemakaman Dubes Rusia untuk Turki

Upacara Pemakaman Dubes Rusia untuk Turki (Foto: Reuters)
"Kami bersama dengan Tuan Putin memahami kalau urusan negara, khususnya untuk Suriah, tak akan terganggu oleh penyerangan ini," kata Erdogan, Senin (19/12).

Breaking NewsPenembakanPenembakan Dubes Rusia

500

Baca Lainnya