• 0

Kapolri Minta Jajarannya Waspadai Gangguan Kamtibmas Jelang Tahun Baru

Kapolri Minta Jajarannya Waspadai Gangguan Kamtibmas Jelang Tahun Baru



Kapolri, Tito Karnavian

Kapolri, Tito Karnavian dalam apel pagi di Monas (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta personel Polri mewaspadai gangguan ketertiban dan keamanan berbentuk aksi terorisme dan konflik berbau ideologi. Antisipasi ini perlu ditingkatkan menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2017 yang tinggal menghitung hari.
"Aksi gangguan Kamtibmas dalam bentuk terorisme, kemudian konflik yang terus diwaspadai konflik berbau keagamaan dan ideologi. Kita juga waspadai kejahatan konvensional yang lain seperti pencurian rumah kosong yang ditinggalkan, kemudian perampokan, dan lainnya," beber Tito.

Polisi Berbaris

Polisi berbaris dalam apel gelar pasukan operasi lalin (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Hal ini disampaikan Tito ketika memberikan arahan pada 3.511 personel Polri saat apel Operasi Terpusat Lilin 2016 di silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (22/12).
Tito juga minta masyarakat untuk mewaspadai mobilitas migrasi massa karena libur hari besar dan cuti bersama. Walau begitu, Tito menjamin keamanan karena polisi akan selalu siaga sepanjang waktu.

Kapolri, Tito Karnavian

Kapolri, Tito Karnavian dalam apel pagi di Monas, Jakarta (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
"Beberapa waktu lalu koordinasi sudah dilaksanakan dengan jajaran Kementerian Perhubungan, TNI dan pemda dalam rangka pengamanan, terutama jalur Pantura dan khususnya tol Cipali yang beberapa waktu lalu dapat masalah waktu arus mudik dan balik," kata Tito.
Tito mengatakan ketersediaan pangan di Indonesia cukup baik selama 6 bulan ini, sehingga Polri akan fokus pada antisipasi gangguan kamtibmas dan lalu lintas selama liburan.


Pasukan Polisi Berbaris

Polisi berbaris dalam kegiatan apel pagi di Monas, Jakarta (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
"Masalah pelanggaran hukum semua rangkaian Natal dan tahun baru, selain kita lakukan langkah soft pendekatan semua pihak, kita juga akan laksanakan penegakan hukum secara tegas. Seperti masalah sweeping, kita laksanakan dengan tegas dan keras untuk menunjukkan eksistensi negara dalam melindungi masyarakat," ucap Tito.
"Untuk itu saya minta pada rekan yang melaksanakan operasi, eratkan hubungan antara pihak terkait dalam pengamanan, setelah itu identifikasi tiap wilayah apa saja kerawanan. Segera lakukan langkah proaktif dan sekaligus langkah hukum jika diperlukan," tutupnya.

Masalah pelanggaran hukum semua rangkaian Natal dan tahun baru, selain kita lakukan langkah soft pendekatan semua pihak, kita juga akan laksanakan penegakan hukum secara tegas.

- Kapolri-



NewsOperasi LilinKapolriMegapolitan

500

Baca Lainnya