kumparan
10 Jul 2017 9:02 WIB

Kondisi Hermansyah Usai Jalani Operasi di RS Hermina Depok

Kondisi Hermansyah (Foto: Dok. Valentino)
Hermansyah menjadi korban pengeroyokan sejumlah orang tak dikenal di KM Tol Jagorawi, Minggu (9/7) dini hari, sekitar pukul 03.30 WIB. Akibat kejadian tersebut, alumni Teknik Fisika ITB angkatan 1989 tersebut menderita sejumlah luka tusuk di leher, lengan dan beberapa bagian tubuh lainnya.
ADVERTISEMENT
Istri Hermansyah yang bernama Irina, langsung melarikan mobil Toyota Avanza yang mereka kendarai, ke Rumah Sakit Hermina, Depok, Jawa Barat. Begitu tiba di RS Hermina, Hermansyah langsung ditangani petugas medis dan menjalani operasi sekitar pukul 10.30 WIB.
Petugas medis yang menangani mengatakan Hermansyah menderita luka serius di leher sisi kiri, pergelangan tangan kiri dan di atas telinga kiri. Meski sempat drop, namun kondisi Hermansyah akhirnya stabil setelah menjalani operasi.
Hermansyah saat dipindahkan ke RSPAD (Foto: Dok. Valentino)
Sekitar pukul 20.00 WIB, Hermansyah akhirnya dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Pemindahan tersebut merupakan permintaan pribadi dari anggota keluarga. Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua Ikatan Alumni (IKA) ITB, Abdi Munif, saat ditemui di RS Hermina, Minggu (9/7) malam.
ADVERTISEMENT
Kondisi Hermansyah (Foto: Dok. Valentino)
"Alasannya soal kemanan, jadi dipindahkan ke RSPAD. Pasti ada pertimbangan dari pihak keluarga atas ini. Sampai sekarang memang kami belum tahu pasti motif dari penyerangan pelaku ke rekan kami. Mungkin di RSPAD Hermansyah akan merasa aman karena memang penjagaan di sana sangat ketat,” kata Abdi.
Kondisi Hermansyah (Foto: Dok. Valentino)
Saat akan dibawa ke RS Hermina, terlihat kondisi Hermansyah yang sudah siuman, meskipun masih belum dapat berbicara. Terlihat sejumlah perban di beberapa bagian tubuh Hermansyah yang luka akibat sabetan benda tajam.
Hermansyah dibawa ke RSPAD (Foto: Fahrian Saleh/kumparan)
Pengawalan ketat juga dilakukan oleh petugas kepolisian dari Mapolres Depok dan Mapolres Jakarta Timur, serta sejumlah orang berpakaian serba putih dan kaos bertuliskan FPI. Terdengar bunyi salawat dan takbir mengiringi pemindahan Hermansyah dari RS Hermina Depok, ke RSPAD Gatot Subroto.
ADVERTISEMENT
Video
Foto yang diterima kumparan (kumparan.com) ini, sekaligus untuk membuat lebih jernih persoalan dan membuat terang perihal foto yang sudah beredar di media sosial.Di beberapa akun medsos, beredar foto-foto seorang pria yang mengalami luka parah dan tengah dirawat di sebuah ruang ICU rumah sakit.
Luka Hermansyah, kiri hoax, kanan asli (Foto: Istimewa/dok. Valentino)
Ada perbedaan antara luka dari foto yang tersebar dengan kondisi asli. Karena luka yang diderita Hermansyah seluruhnya ada di bagian kiri, sementara di foto yang beredar, terlihat luka pembacokan ada di lengan bagian kanan, dengan jari yang hampir putus.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan