• 0

Lokasi Sidang Ahok Akan Dipindah ke Jakarta Selatan

Lokasi Sidang Ahok Akan Dipindah ke Jakarta Selatan



Sidang Lanjutan Ahok

Ahok menoleh ke barisan penonton di ruang sidang. Dia hadir sebagai terdakwa di sidang lanjutan kasus dugaan penistaan agama. (Foto: Pool)
Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal M. Iriawan, mengatakan lokasi persidangan kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan dipindah ke kawasan Jakarta Selatan.
"Ada dua pilihan, antara gedung milik Pertanian (Kementerian) di depan SMA 28, atau di Auditorium Kementerian Pertanian," kata Iriawan saat ditemui di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (22/12). Dua lokasi tersebut berada di kawasan Pasar Minggu.

Ahok Keluar dari Pengadilan Negeri Jakarta Utara

Ahok keluar dari Pengadilan Negeri Jakarta Utara menggunakan barakuda (Foto: Aditya Noviansyah)

Sebelumnya, sidang Ahok yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Utara berlokasi di kawasan Harmoni, Jakarta Pusat. Lantaran kerap membuat macet, polisi meminta tempat sidang dipindah. Ruangan sidang juga dianggap terlalu sempit.

Menurut Iriawan, pemindahan lokasi sidang adalah hasil pertemuannya dengan Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali. Menurut Iriawan, Hatta menyetujui rencana pemindahan itu.

"Ketetapan ketua MA akan keluar dalam satu atau dua hari ini," ujar Iriawan. "Pertimbangannya karena keamanan, ruangan, dan lokasi."
Iriawan menyebut ruang sidang yang akan dipilih berkapasitas besar, dapat menampung hingga 200 orang. Sebelumnya, pengunjung sidang Ahok dibatasi hingga 80 orang karena tempat duduk terbatas.

Basuki T Purnama (Ahok) jalani sidang perdana kasus penistaan agama

Cagub DKI Basuki T Purnama (Ahok) menjalani sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan di PN Jakarta Utara, Jalan Gadjah Mada, Jakpus. Ahok menjadi terdakwa di kasus penodaan agama. (Foto: pool/cnn indonesia/safir makki)
Kepolisian tetap berencana merekayasa lalu lintas di sekitaran tempat sidang untuk mengantisipasi kemacetan.

Ada dua pilihan, antara gedung milik Pertanian (Kementerian) di depan SMA 28, atau di Auditorium Kementerian Pertanian

- Kapolda Metro Jaya-

"Saya sudah survei lokasinya, kemungkinan akan ada rekayasa lalu lintas," ujar Iriawan.

HukumNewsSidang AhokPolisi

500

Baca Lainnya