• 0

Makan Siang di Restoran Padang Besar atau Kecil Hari Ini? Ini Bedanya

Makan Siang di Restoran Padang Besar atau Kecil Hari Ini? Ini Bedanya



Aneka lauk di restoran Padang

Beragam jenis lauk yang disajikan oleh restoran Padang (Foto: Nicha Muslimawati)
Tak sulit menemukan rumah makan Padang di Jakarta. Mulai dari yang berskala besar, hingga usaha rumahan.
Namun apabila dibandingkan, rumah makan Padang berskala kecil dan besar ini memiliki keunikan tersendiri yang dapat diamati para konsumen. Berikut empat fakta unik perbedaan keduanya yang dirangkum reporter Kumparan, Senin (5/12):

1. Harga
Tentu saja kedua jenis rumah makan ini memiliki perbedaan dari segi harga. Seperti di Restoran Sederhana, Cikini, Jakarta Pusat, misalnya. Untuk satu centong nasi, plus sepotong rendang dan sayuran dihargai Rp 27 ribu. Apabila ditambah es teh manis Rp 7 ribu, maka total uang yang dikeluarkan adalah Rp 34 ribu.
Sementara di rumah makan Padang berskala kecil yaitu RM Salero Bundo di kawasan Cikini Raya, dengan menu yang sama dihargai Rp 17 ribu, plus es teh manis seharga Rp 3 ribu. Sehingga konsumen mengeluarkan Rp 20 ribu untuk makan dan minum.

2. Seragam
Dari segi pelayanan, rumah makan Padang berskala besar mewajibkan karyawannya mengenakan baju seragam. Sementara untuk yang masih magang menggunakan kemeja berwarna putih dan bawahan berwarna hitam. Sementara di rumah makan Padang berskala kecil, tak ada seragam khusus bagi karyawannya. Bahkan satu karyawan dapat merangkap sebagai juru masak, kasir, dan cleaning service.

3. Kemasan
Di rumah makan besar, kemasan yang digunakan untuk membungkus nasi Padang untuk dibawa pulang menggunakan tambahan daun pisang di atas kertas pembungkus berwarna cokelat. Sementara di rumah makan berskala kecil, kemasan yang digunakan hanya kertas pembungkus berwarna cokelat saja.
"Supaya nasinya enggak cepat basi kalau pakai daun pisang, " ujar Manajer Restoran Sederhana Cikini, M Musni.

4. Manantiang Piriang
Atraksi 'Manantiang Piriang' kadang ditunggu-tunggu oleh beberapa konsumen rumah makan Padang berskala besar, khususnya bagi yang makan di tempat. Sejumlah piring berisi beragam lauk disusun sedemikian rupa di atas tangan pelayan untuk disajikan di atas meja makan. Tak tanggung-tanggung, sekali bawa, piring yang ada di atas tangan pelayan bisa mencapai 20 piring.
Namun atraksi ini jarang ditemukan di rumah makan berskala kecil. Meski begitu, di beberapa tempat, lauk masih disajikan dengan cara serupa, walau jumlah piringnya tak sebanyak di rumah makan besar.

Teman Ramadhan Kamu

ramadhan

Tanya kumparan

ramadhan

Berbagi Kebaikan

ramadhan

Tips Ramadhan

ramadhan

Masak Kilat

ramadhan

Seleb Hijab


UnikSosial

500

Baca Lainnya