• 0

Polisi Turki yang Tembak Dubes Rusia Minta Cuti Karena Sakit di Hari Penembakan

Polisi Turki yang Tembak Dubes Rusia Minta Cuti Karena Sakit di Hari Penembakan



Dubes Rusia untuk Turki Tergeletak Seusai Ditembak oleh Seorang Pria Bersenjata

Dubes Rusia untuk Turki Andrei Karlov (kanan bawah) tergeletak seusai ditembak oleh seorang pria bersenjata (kiri) di sebuah galeri seni di kota Ankara (Foto: Burhan Ozbilici/AP)
Mevlut Mert Altintas, pelaku penembakan duta besar Rusia untuk Turki, Andrey Karlov, sempat minta izin untuk tak bertugas karena sakit. Seorang pejabat keamanan resmi mengatakan pria 22 tahun itu berjanji akan membawa surat keterangan dokter kepada pengawasnya.

Penembakan Dubes Rusia untuk Turki

Mevlut Mert Altintas berseru simpati terhadap Aleppo dan Suriah beberapa saat setelah menembak mati Duta Besar Rusia untuk Turki. (Foto: Hasim Kilic/Hurriyet - REUTERS)
Dilansir Reuters, Rabu (21/12), pejabat tersebut mengatakan pada Senin (19/12), Altintas menghubungi divisi anti huru-hara tempatnya bertugas dan mengatakan kalau dirinya sedang tak enak badan.
"Dia mengatakan sedang sakit dan akan membawa surat dokter untuk membuktikannya," ujar pejabat tersebut.

Dubes Rusia untuk Turki Andrei Karlov Sesaat Sebelum Tertembak

Dubes Rusia untuk Turki Andrei Karlov saat berbicara di depan pers sebelum Mevlut Mert Altintas yang terlihat di sebelah kiri menembaknya dengan sebuah pistol (Foto: Burhan Ozbilici/AP)

Altintas yang tinggal di sebuah flat di Demetevler, kawasan pinggiram kota Ankara, menghabiskan malam sebelum penyerangan di sebuah hotel, tak jauh dari galeri seni.
"Dia berjalan dari hotel menuju galeri sambil menunjukkan kartu identitas kepolisiannya di pintu masuk. Dia berhasil masuk sambil membawa senjata api ke dalam ruang pameran," kata pejabat itu.

Pemerintah Turki menyatakan Mevlut Mert Altintas sebagai pelaku penyerangan yang meneriakkan kata-kata "Jangan lupakan Aleppo!" dan "Allahu Akbar" sambil menembak ke arah dubes Andrey Karlov, yang sedang memberikan pidato di sebuah galeri seni di Ankara.
Saat ini jenazah dubes Karlov telah diterbangkan dari Ankara menuju Moskow. Upacara pemakaman dilakukan secara militer dan dihadiri oleh ratusan orang, termasuk sang istri yang berduka atas kepergian suaminya yang sangat mendadak.

Pemakaman Dubes Rusia untuk Turki

Upacara Pemakaman Dubes Rusia untuk Turki (Foto: Reuters)
Penyelidikan untuk kasus tersebut terus berlanjut, menyusul diamankannya 6 orang yang terkait dengan Melt Altintas. Mereka adalah orangtua, saudara, hingga teman satu flat polisi tersebut.

Pemakaman Dubes Rusia untuk Turki

Suasana emosional pemakaman Dubes Rusia untuk Turki (Foto: reuters)


Breaking NewsNewsPenembakan Dubes Rusia

500

Baca Lainnya