• 1

Teroris Jatiluhur Sembunyi di Rumah Apung yang Disewa dari Abah Oman

Teroris Jatiluhur Sembunyi di Rumah Apung yang Disewa dari Abah Oman



Rikwanto

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Pol Rikwanto. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Sebuah rumah apung di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, menjadi lokasi persembunyian 4 terduga teroris yang digerebek Densus 88. Rumah apung itu disewa dari warga sekitar bernama Abah Oman.
"Di rumah terapung mereka menyewa, namun dikasih gratis oleh Abah Oman yang punya tempat tersebut sejak tanggal 20 Desember," ujar Karopenmas Div Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Rikwanto, dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jaksel, Senin (26/12).

Rikwanto

Jumpa pers Mabes Polri terkait kasus terorisme di Jalan Ubrug, Cibinong, Jatiluhur, Purwakarta. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Rikwanto tak menjelaskan secara rinci alasan Abah Oman meminjamkan rumah apung tersebut kepada mereka secara gratis. Namun dari pengakuan saksi, Abah Oman meminjamkan lantaran kasihan dengan mereka.
"Pengakuan saksi karena kasihan dengan mereka yang terlihat lusuh," kata Rikwanto. Abah Oman sendiri telah dimintai keterangan oleh polisi.
Selama tinggal di rumah apung, mereka sesekali ke daratan untuk membeli makanan, dan mensurvei pos polisi yang akan menjadi target amaliyah mereka.
"Dalam suatu waktu ke daratan mereka mensurvei lokasi pos polisi. Kemudian sudah didapatkan satu pos polisi, dan mereka akan lakukan aksinya pada malam tahun baru," jelas Rikwanto.

Rikwanto

Jumpa pres di gedung Kadiv Humas Mabes Polri. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Keempat orang terduga teroris ini sudah mengontrak sebuah rumah di kawasan Bandung Barat. Namun kontrakan ini kerap dipantau warga yang curiga dengan gerak-gerik mereka.
"Namun di Bandung, kontrakan ini sering dipantau oleh masyarakat yang sering bertanya, siapa yang tinggal di kontrakan tersebut, sehingga mereka resah dan melarikan diri ke Waduk Jatiluhur," jelas Rikwanto.

Rikwanto

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Rikwanto, saat jumpa pers. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Keempat terduga teroris ini telah dibawa ke Jakarta untuk penyelidikan lebih lanjut. Dua terduga teroris yang tewas yakni Abu Sovi alias Abu Azis alias Mas Brow, dan Abu Faiz, dibawa ke RS Polri Kramat Jati untuk diautopsi. Sementara dua pelaku yang masih hidup yaitu Rizal alias Abu Arham (29) dan Ivan Ragmat Syarif (28) diamankan Densus 88 ke Mako Brimob Kelapa Dua, Depok. Penggerebekan dilakukan Densus 88 pada tanggal 25 Desember di Waduk Jatiluhur.


Densus 88Breaking NewsNewsPenggerebekan TerorisMabes Polri

500

Baca Lainnya