Bisnis
·
10 Juni 2021 18:10

Strategi Mengembangkan Bank Syariah agar Bisa Bersaing di Era Globalisasi

Konten ini diproduksi oleh Risa Azahra
Strategi Mengembangkan Bank Syariah agar Bisa Bersaing di Era Globalisasi (127732)
Ilustrasi Diskusi Strategi via Pexels.com
Pada era globalisasi ini semakin maraknya persaingan, salah satunya pada sektor perbankan yaitu Bank Syariah, di mana harus mampu bersaing agar dapat terus berkembang pesat.
ADVERTISEMENT
Dengan adanya globalisasi ini dapat menjadi sebuah tantangan, terutama dalam sektor perbankan, khususnya untuk Bank Syariah. Akan tetapi, era globalisasi juga dapat memberikan dampak positif sebab bisa menjadikan sebuah peluang untuk Bank Syariah, teman-teman.
Mengapa? Karena di era globalisasi ini, Bank Syariah dapat mengenalkan keunggulan dari sistem dan produknya kepada masyarakat yang ada di seluruh penjuru dunia.
Teman-teman tahu tidak? Walaupun Bank Syariah ini berbasis sesuai syariat Islam. Akan tetapi, produk Bank Syariah bisa digunakan oleh siapa saja sebab sebenarnya Bank Syariah ini tidak hanya terkonsentrasi pada nasabah muslim, tetapi juga nasabah nonmuslim. Jadi, semua orang bisa lo menggunakan produk dari Bank Syariah.
Namun, dalam menghadapi tantangan dan persaingan di era globalisasi ini tidaklah mudah bagi semua sektor, terutama sektor perbankan, khususnya Bank Syariah. Tetapi tenang saja, ada beberapa strategi yang dapat dilakukan agar Bank Syariah bisa bersaing di era globalisasi. Berikut penjelasannya.
ADVERTISEMENT

1. Membuat Citra Baru Perbankan Syariah

Kalian tahu tidak? Untuk dapat bersaing, suatu perusahaan harus memiliki apa? Ya, suatu perusahaan harus memiliki citra yang baik. Nah, ini juga yang harus dilakukan oleh Bank Syariah, sebelum bersaing dengan bank yang lainnya.
Mengapa sih kita perlu citra yang baik? Bagaimana jika kita berpikir bahwa citra yang baik bukanlah hal yang penting? Jika kita berpikir demikian, maka itu adalah pemikiran yang salah besar. Mengapa dikatakan salah besar? Karena citra yang baik itu sangat berpengaruh sekali, teman-teman.
Dengan adanya citra yang baik, para nasabah Bank Syariah percaya untuk menyimpan dan menginvestasikan uangnya ke Bank Syariah, bahkan calon nasabah Bank Syariah juga tertarik untuk menyimpan dan menginvestasikan uangnya ke Bank Syariah.
ADVERTISEMENT
Sekarang, teman-teman tahu kan mengapa citra yang baik itu sangat berpengaruh terhadap sesuatu, terutama Bank Syariah. Selain itu, dengan citra yang baik juga, Bank Syariah dapat bersaing lo di era globalisasi ini. Kemudian, program ini juga memiliki aspek positioning, differentiation, dan branding. Ketiga hal ini sangat penting lo teman-teman, karena dapat membangun dan memberikan citra yang baik bagi Bank Syariah.

2. Mengembangkan Segmen Pasar

Dalam hal ini bukankah Bank Syariah harus dapat mengembangkan dan memperluas segmen pasarnya? Apakah hal semacam itu perlu? Lalu, bagaimana cara memperluas segmen pasar?
Seperti yang kalian ketahui, bahwa hal itu sangat perlu dilakukan karena Bank Syariah bisa dikenal di seluruh penjuru dunia. Lalu bagaimana caranya? Saya menyarankan agar Bank Syariah ini lebih gencar lagi dalam hal kegiatan pemasaran. Mengapa sih kegiatan pemasaran harus dilakukan secara gencar?
ADVERTISEMENT
Teman-teman tahu kan, dalam membuat usaha, harus memiliki kegiatan pemasaran yang tepat agar para konsumen tertarik kepada produk kita. Nah, hal itu juga sama mengapa Bank Syariah harus lebih gencar dalam kegiatan pemasarannya karena agar seluruh orang yang di penjuru dunia tahu akan adanya Bank Syariah ini. Teman-teman tahu tidak? Bank Syariah ini memiliki banyak keunggulan, baik dari segi sistem maupun produknya.

3. Mengembangkan Produk-produk Bank Syariah

Bukankah untuk menghadapi tantangan di era globalisasi, salah satu caranya adalah terus berinovasi dan mengembangkan produknya? Ibaratnya begini teman-teman, pasti kalian semua tidak mau kan jika membeli barang di suatu tempat, tetapi produknya tidak bervariasi? Pasti teman-teman semua akan merasa bosan dan tidak tertarik lagi karena di tempat itu hanya menjual produk itu saja.
ADVERTISEMENT
Nah, hal itu sama saja bukan apabila Bank Syariah tidak mengembangkan produknya? Apalagi, seperti kita ketahui, bahwa di era globalisasi ini harus benar-benar melakukan segala cara untuk bisa bersaing serta dapat bertahan dalam menghadapi berbagai tantangan. Oleh karena itu, Bank Syariah harus bisa terus berinovasi dan mengembangkan produknya.

4. Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Meningkatkan kualitas pelayanan ini sangat penting lo, teman-teman semua, karena seperti yang kita ketahui kualitas pelayanan yang baik itu adalah hal yang utama dalam melakukan kegiatan, baik kegiatan perbankan ataupun kegiatan lainnya. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan pelayanan, dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten, bukan?
Karena hal ini akan berpengaruh terhadap citra Bank Syariah. Selain itu juga agar para nasabah dan calon nasabah merasa puas dan senang atas pelayanan yang kita berikan. Ibaratnya kualitas pelayanan ini memegang peranan yang penting dalam membangun citra Bank Syariah.
ADVERTISEMENT

5. Melakukan komunikasi yang umum serta terbuka

Terakhir, seperti teman-teman ketahui dengan adanya program sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat diharapkan dapat memberikan gambaran apa saja manfaat dari produk Bank Syariah, lalu apa keunggulan produknya dan bagaimana pelayanan di Bank Syariah. Hal ini dapat dilakukan di media secara langsung maupun tidak langsung.
Saya menyarankan, jika di media online, seperti website, Bank Syariah harus membuka seperti forum tanya jawab, sehingga para calon nasabah dapat bertanya tentang produk Bank Syariah dan ia menjadi yakin untuk menyimpan dan menginvestasikan uangnya di Bank Syariah. Selain itu, di website Bank Syariah, saya juga menyarankan ada fitur feedback, seperti kritik dan saran.
Apalagi kita ini ada di era globalisasi, sehingga dengan adanya situs web ini, semua orang yang ada di seluruh dunia, tidak hanya di Indonesia saja, tetapi juga di luar Indonesia bisa melakukan hal tersebut dengan mudah. Bukan begitu, teman-teman?
ADVERTISEMENT
Nah, dengan adanya beberapa strategi tersebut, sudah pasti Bank Syariah dapat menghadapi tantangan di era globalisasi ini sehingga Bank Syariah tidak kalah saing dengan Bank yang lainnya karena secara strategi tersebut sudah bisa dikatakan cukup efektif.
Walaupun Bank Syariah ini bisa terbilang masih baru. Akan tetapi, Bank Syariah mengalami perkembangan yang pesat dalam laju pertumbuhan tahunannya. Sehingga hal ini dapat membuktikan, bahwa Bank Syariah juga ikut serta untuk dapat bersaing di era globalisasi ini. Apalagi di era globalisasi dan digitalisasi saat ini, Bank Syariah bisa memanfaatkan layanan berbasis digital yang baik dan berkualitas, seperti Bank yang lainnya.
Kemudian setelah dilakukannya merger tiga bank syariah yakni BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri dan BNI Syariah, saya harap bisa memberikan pengaruh positif dengan adanya strategi ini, baik dari segi pelayanannya maupun kualitasnya. Saya juga berharap dengan adanya merger ini dapat memperluas segmen pasar Bank Syariah agar orang-orang di seluruh penjuru dunia mengenal apa itu Bank Syariah.
ADVERTISEMENT
Sebagai generasi di masa depan, sebaiknya kita dapat mendukung ataupun memberikan inovasi mengenai program-program yang dapat membuat bank syariah menjadi terkenal lebih luas lagi mengingat peluang perbankan syariah begitu besar ke depannya. Kita juga harus bisa menjadi sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing tinggi, serta dapat menghadapi berbagai persaingan juga rintangan yang ada di masa depan dengan bijak.
Itulah beberapa strategi yang dapat saya sarankan agar Bank Syariah bisa bersaing di era globalisasi ini. Saya berharap Bank Syariah dapat berkembang pesat, baik di Indonesia maupun di luar Indonesia dan semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat. Aamiin.